Tumbuhkan Semangat Kebersamaan Klien, PRSTS Barakat Cangkal Bacari Gelar Outbound

Foto bersama peserta outbound PRSTS Barakat Cangkal Bacari. MC Kalsel/Rns

Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial (PRSTS) Barakat Cangkal Bacari menggelar kegiatan outbound bagi 53 klien angkatan III tahun 2022, sebelum menjalani orientasi dan pembukaan lingkup panti nantinya.

Kepala PRSTS Barakat Cangkal Bacari, Fathul Jannah mengatakan, kegiatan outbound bertujuan untuk menumbuhkan semangat, jiwa kebersamaan, kekompakan, dan kerja sama antar klien.

“Klien ini dari berbagai kabupaten/kota kita satukan dalam kegiatan outbound kali ini agar ada rasa kesetiakawanan dan menambah semangat untuk menimba ilmu enam bulan ke depan. Nantinya, mereka saling terbiasa berteman sehingga tidak asing dengan satu sama lain,” kata Fathul Jannah, Kiram Park 20 Kabupaten Banjar, Sabtu (7/1/2023).

Dari 53 klien tersebut, terdiri dari 13 laki-laki dan 40 perempuan dengan rincian Banjarmasin 1 laki-laki dan 2 perempuan, Banjarbaru 1 laki-laki dan 1 perempuan, Banjar 5 perempuan, Tapin 4 perempuan, HSS 3 laki-laki dan 4 perempuan, HST 1 laki-laki, HSU 1 llaki-laki dan 2 perempuan, Balangan 1 laki-laki dan 2 perempuan, Tabalong 2 laki-laki dan 4 perempuan, Tanah Laut 1 laki-laki dan 5 perempuan, Tanbu 3 perempuan, Kotabaru 2 laki-laki dan 4 perempuan, serta Barito Kuala 4 perempuan.

“Intinya untuk menjalin keakraban antar klien makanya dilakukan sebelum masuk dan setelah masuk nanti mereka sudah solid,” ucap Fathul.

Untuk pembukaan kegiatan pelatihan, diakui Fathul masih dalam tahap rencana, dimana pada tahun ini berbeda dengan angkatan sebelumnya. Pada tahun ini direncanakan pembukaan akan digabung dengan empat panti lain yaitu Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Netra dan Fisik (PRSPDNF) Fajar Harapan, Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (PRSPD) Iskaya Banaran, Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja (PPRSAR) Mulia Satria dan PRSTS Barakat Cangkal Bacari.

“Kita masih menunggu jadwal Pak Gubernur, kalo tidak ada halangan hari Kamis depan,” terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel, Achmadi menyampaikan, untuk kegiatan outbound PRSTS Barakat Cangkal Bacari kali ini dilatih oleh Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kalsel.

“Telah kita siapkan sejumlah permainan, Ada namanya jebakan tikus. Itu melatih para klien agar dalam hidup harus berhati-hati jangan sampai celaka apalagi mencelakai teman. Ada juga ular tangga yang mengajarkan kita tentang naik dan turun kehidupan,” kata Achmadi.

Tujuan lainnya, lanjut Achmadi, agar klien memiliki jiwa kepemimpinan sehingga mampu memotivasi klien lainnya serta diharapkan dapat membangun keakraban dan mendorong untuk bersama-sama mengembangkan diri melalui kolaborasi dan komunikasi yang baik. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai