Komitmen Menjaga dan Mengembangkan Identitas Kebudayaan Nusantara

Foto bersama Lembaga Seni Budaya Sinar Pusaka Kota Banjarmasin. Dispar Kalsel

Lembaga Seni Budaya Sinar Pusaka Kota Banjarmasin berkomitmen untuk menjaga, merawat, dan mengembangkan identitas kebudayaan nusantara.

Menurut Kepala Pimpinan Lembaga Seni Budaya Sinar Pusaka, Abdul Karim Zaidan menuturkan bahwa merawat dan menjaga identitas kebudayaan tersebut merupakan kewajiban bagi setiap warga negara, sehingga sudah sepantasnya setiap anak bangsa yang menyatakan dirinya sebagai pewaris kebudayaan untuk menjaganya.

“Kearifan lokal dan semangat persatuan atas keberagaman budaya harus terus dipupuk dan dikembangkan agar kebudayaan tersebut terus menjadi identitas kebudayaan yang berkepribadian. Artinya kebudayaan yang memang bersumber dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” kata Zaidan yang juga selaku Kepala Seksi Analisis Data, Strategi dan Kerja Sama Pariwisata, Dinas Pariwisata Kalsel lewat siaran persnya, Selasa (3/1/2023).

Zaidan menjelaskan, salah satu budaya yang harus dilestarikan yakni Badewa yang merupakan upacara adat dan berkembang di daerah Kabupaten Barito kuala, dimana dalam prosesnya upacara ini dipimpin oleh para Pardewa.

“Badewa sendiri sejatinya merupakan upacara adat pengobatan tradisional untuk mereka yang terkena parang maya (santet), kepingitan (gangguan roh leluhur pada keturunannya) dan lain sebagainya,” tegas Zaidan.

Pada Desember 2022 lalu, lanjut Zaidan, Lembaga Seni Budaya Sinar Pusaka telah melaksanakan kegiatan evaluasi dan pengujian kompetensi tari tradisional kepada seluruh anggota sanggar, dan melaksanakan temu Pardewa serta Pertunjukan Wayang Kulit dengan Tema Babungas Tahun, Babungas Windu, Babungas Rindu.

“Ini sudah menjadi komitmen dan kewajiban kami untuk mempertahankan identitas kebudayaan lokal salah satunya Badewa. Pada Kegiatan Temu Pardewa lalu juga dihadiri oleh keturunan Pardewa dari Generasi ke Generasi,” jelas Zaidan.

Sementara itu, Rudy Haryanto selaku Ketua Pardewa menyambut baik atas silaturahmi yang dilakukan oleh Sanggar Seni Sinar Pusaka dengan para Pardewa untuk melestarikan budaya Badewa. “Alhamdulillah kita sudah saling bersilaturahmi dan melakukan pengobatan dan doa bersama dengan harapan di 2023, Allah SWT memberikan keselamatan dan terlindung dari marabahaya, memberi kesejahteraan, memberkahi serta meridhoi setiap aktivitas yang dilakukan,” ucap Rudy. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai