KPw BI Kalsel Lakukan Pengendalian Inflasi Dengan GNPIP

Kepala KPw BI Kalsel, Imam Subarkah memberikan sambutan pada aksi nyata Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di taman Kamboja Kota Banjarmasin, Senin (14/11/2022).

Seluruh stakeholder di Kalimantan Selatan terus melakukan pengendalian inflasi di daerah, termasuk Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (KPw BI Kalsel) dengan melakukan aksi nyata Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di taman Kamboja Kota Banjarmasin.

Kali ini, KPw BI Kalsel bersama Pemerintah Kota Banjarmasin menggelar kegiatan Pasar Murah dan Temu Responden 2022, bertujuan untuk melindungi masyarakat dari dampak lanjutan penyesuaian harga BBM.

“Berkaitan dengan inflasi, sebagaimana arahan Presiden RI dalam pencanangan GNPIP Agustus lalu, BI bersama pemerintah daerah melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) akan terus bersinergi dalam mengendalikan inflasi,” ujar Kepala KPw BI Kalsel, Imam Subarkah, Senin (14/11/2022).

Dijelaskan, bentuk sinergitas pengendalian inflasi berupa mengoptimalkan upaya dan aksi nyata dalam stabilitas harga pangan dari sisi suplai, mendorong produksi guna meningkatkan ketahanan pangan, sehingga dapat mendukung daya beli masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional.

Imam Subarkah juga menyebutkan inflasi Kota Banjarmasin pada Oktober 2022 bulan lalu tercatat sebesar 0,28 persen (mtm), atau jauh lebih rendah dibanding September 2022 sebesar 1,56 persen (mtm).

“Inflasi Kota Banjarmasin yang kian terkendali tersebut turut menurunkan tekanan inflasi Kalimantan Selatan yang dari semula 1,42 persen pada September 2022 menjadi 0,25 persen pada Oktober,” lanjut Imam Subarkah.

Sementara itu Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengapresiasi pelaksanaan pasar murah yang dilakukan untuk masyarakat Kota Banjarmasin.

“Kami mengucapkan apresiasi kepada KPw BI Kalsel atas dedikasi upaya dan sinergi pengendalian inflasi, termasuk Pasar Murah kali ini,” ujar Ibnu Sina.

Ibnu menyampaikan, jika khusus pada hari ini subsidi belanja pangan melalui kupon dibagikan tidak kurang dari 2.000 kepada warga Banjarmasin.

Kupon tersebut sebagai subsidi untuk melakukan pembelian berbagai bahan pangan di pasar murah, seperti minyak goreng, gula, telur, bawang merah, dan lain-lain dengan harga yang lebih murah dari harga pasar. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai