Siapkan Perahu Naga untuk Pawai Taaruf MTQ Nasional

Kelotok hias bertema perahu naga milik Dinsos Kalsel dan tiga SKPD lain. Dinsos Kalsel/dok

Dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar berbagai pertunjukan, salah satunya yaitu pawai taaruf kelotok hias.

Dinas Sosial (Dinsos) Kalsel tergabung dalam kelompok 11 bersama Dinas ESDM, RS Ansari Saleh, dan Biro Pengadaan Barang dan Jasa nantinya akan menurunkan kelotok hias bertemakan perahu naga.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel, Achmadi menyebutkan, saat ini persiapan sudah mencapai 95 persen dan kelotok telah diuji coba.

“Sesuai arahan pimpinan, kita kembali bergabung dengan Dinas ESDM, RS Ansari Saleh, serta Biro Pengadaan barang dan Jasa dalam kelompok 11. Kelotok hias ini, seluruh SKPD lingkup Pemprov wajib ikut memeriahkan seperti beberapa waktu lalu dalam rangka Hari Jadi Provinsi,” kata Achmadi, Banjarmasin, Rabu (5/10/2022).

Pembuatan kelotok hias tersebut, diakui Achmadi mengalami sedikit kesulitan pada saat pemasangan kepala dan ekor naga dikarenakan tempat yang terbatas, sedangkan kelotok tersebut memiliki ukuran panjang 8-9 meter.

“Kendala kita selain tempat yang terbatas yaitu air pasang dan hujan. Pangkalan kita hanya berukuran 6-7 meter sehingga ada sedikit keluar yang mengakibatkan apabila air pasang, ekor dari kelotok naga itu menyentuh dinding pangkalan serta apabila hujan, air hujan itu akan masuk kedalam kepala naga sehingga diperlukan tim yang cekatan untuk membersihkan,” ucap Achmadi.

Sebelumnya, kelompok 11 tersebut menjadi juara pertama Lomba Kelotok Hias dalam rangka memeriahkan Hari Jadi (Harjad) ke-72 Provinsi Kalsel beberapa waktu lalu. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai