Peringati Hari Kemerdekaan Kalsel, Disdikbud Kalsel Gelar Lomba Edukatif Kultural Museum Mading 3 Dimensi

Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Bidang Kebudayaan Prov. Kalsel, Arry Risfansyah saat memberikan sambutan pada Lomba Edukatif Kultural Museum Mading 3 Dimensi, Banjarmasin, Rabu (18/5/2022). MC Kalsel/usu

Guna melestarikan kebudayaan dan mengenalkan sejarah Kalsel sekaligus memperingati hari kemerdekaan Provinsi Kalsel, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalsel gelar Lomba Edukatif Kultural Museum Mading 3 Dimensi.

Perlombaan ini dilaksanakan di halaman Museum Waja Sampai Kaputing (WASAKA) mulai tanggal 18 – 20 Mei 2022 menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Biaya Operasional Pendidikan (BOP) non fisik Museum Wasaka Banjarmasin dan perlombaan kali ini mengangkat tema “Menggelorakan Semangar Kemerdekaan Kalimantan 17 Mei 1949”.

Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Bidang Kebudayaan Provinsi Kalsel, Arry Risfansyah menjelaskan pelaksanaan ini menjadi salah satu penunjang untuk mengenalkan museum WASAKA yang ada di Kota Banjarmasin.

“Ini menjadi salah satu tempat untuk menambah wawasan serta kreativitas para peserta didik yang mengikuti perlombaan ini,” ucapnya, Banjarmasin, Rabu (18/5/2022).

Lanjut, sebanyak enam belas sekolah terdiri dari SMA/SMK Negeri maupun swasta yang ikut andil dalam Lomba Edukatif Kultural Museum Mading 3 Dimensi.

“Jumlah peserta yang ikut berjumlah 160, yang mana setiap sekolah berjumlah sembilan orang siswa dan seorang pendamping,” tuturnya.

Untuk juri Lomba Edukatif Kultural Museum Mading 3 Dimensi ini ada tiga juri, yaitu Mansyur sebagai ahli sejarah, Budi Kurniawan bidang jurnalistik dan Syahril dari Seniman.

“Untuk sistem penjurian, mereka melihat kreativitas, keunikan, isi kesesuaian dengan tema, tata bahasa, kebersihan, kerapihan dan keindahan, serta presentasi dari perwakilan masing-masing kelompok,” terangnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai