Arus Balik, Empat Ribu Lebih Pemudik Datang Melalui Terminal dan Pelabuhan Banjarmasin

Suasana di UPTD Terminal Tipe B Banjarmasin, di Banjarmasin, Senin (9/5/2022). MC Kalsel/scw

Hingga H+8 Idulfitri pada 8 Mei kemarin, jumlah pemudik yang datang melalui UPTD Terminal Tipe B Banjarmasin dan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin mencapai 4.542 orang.

Kepala UPTD Terminal Tipe B Dinas Perhubungan (Dishub) Kalimantan Selatan (Kalsel), Tommy Hariadi, mengatakan 500 lebih pemudik datang menggunakan L300 dan bus.

“Pada arus balik tahun ini, jumlah penumpang masuk UPTD Terminal Tipe B Banjarmasin hingga tanggal 8 Mei 2022 mencapai 599 orang, dengan rincian 339 penumpang L300 dan 260 penumpang bus,” kata Tommy, Banjarmasin, Senin (9/5/2022).

Tommy menambahkan, jumlah penumpang mengalami peningkatan dibanding sebelum pandemi COVID-19 tahun 2019 lalu, dikarenakan arus balik dari kabupaten/ kota dan luar Kalsel.

“Para penumpang ada yang menggunakan bus antar provinsi, dari Kaltim, Kalbar, maupun Kalteng dan antar kabupaten menggunakan angkutan umum L300,” kata Tommy.

Sementara itu, Deputi Manager Perencanaan, Penumpang, dan Terminal Penumpang Banjarmasin, Syahria Murjani, mencatat hampir empat ribu pemudik datang melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. “Penumpang datang sebanyak 3.943 orang sampai dengan 8 Mei ini, dari 28 kapal yang melayani dengan kedatangan utama dari Surabaya,” ucap Syahria. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai