Operasional SPAM Banjarbakula 500 Liter per detik Segera Diserahkan ke Pemprov Kalsel

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel Agung Dewanto, Kamis (28/4/2022). MC Kalsel/tgh

Pembangunan tahap II SPAM Regional Banjarbakula di Banjarbaru telah selesai dikerjakan Kementerian PUPR pada akhir tahun 2021 lalu. 

Direncanakan akan ada penyerahan operasional SPAM Banjarbakula tahap II dari Kementerian PUPR ke Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Mudahan, sekitar Mei 2022 nanti diperkirakan akan ada serah terima operasional ke Pemprov Kalsel, ini semacam pinjam pakai dulu dari Kementerian PUPR, karena bila operasionalnya menunggu proses administrasi hibah, akan memakan waktu bertahun – tahun,” kata Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel Agung Dewanto, Kamis (28/4/2022).

Menurutnya, operasional SPAM Banjarbakula tahap II berkapasitas 500 liter per detik sudah diujicobakan di Desember kemaren. 

“Hasilnya sesuai yang diharapkan mampu menyalurkan air 500 liter per detik ke IPA (instalasi pengolahan air),” ujarnya.

Oleh karena itu, dengan tambahan kapasitas 500 liter per detik, maka kapasitas total SPAM Banjarbakula menjadi 750 liter per detik. Karena sebelumnya SPAM Banjarbakula berkapasitas 250 liter per detik.

“Hal tersebut untuk menyerap peningkatan kapasitas SPAM Banjarbakula, Dinas PUPR Kalsel melalui bidang Cipta Karya pada tahun anggaran 2022 melaksanakan peningkatan jaringan distribusi air bersih,” tuturnya.

Selain itu juga, pada tahun 2022, Dinas PUPR juga akan membangun tambahan Jaringan distribusi air SPAM Banjarbakula di sepanjang Jalan Trikora hingga Guntung Manggis Banjarbaru sepanjang 7 kilometer.

“Dari 500 liter per detik itu, 300 liter per detik ke reservoir Muslimin dan sisanya disalurkan melalui jaringan distribusi yang sedang kita bangun,” jelasnya.

Distribusi SPAM Banjarbakula tahap II tersebut meliputi wilayah Banjarbaru, Banjar dan Tanah Laut. Dari 500 liter per detik tersebut diharapkan dapat meningkatkan SR (sambungan rumah) sebanyak 40.000 SR pada 3 wilayah layanan yaitu Kab. Banjar, Kota Banjarbaru dan Kab. Tanah Laut.

“Jadi, ini dilakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan pelayanan masyarakat kita di wilayah Banjarbakula,” tutupnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih