Dispar Kalsel Siapkan SDM Unggul dan Terampil di Sektor Kepariwisataan

Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin (dua kanan). dok

Guna mendorong terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan unggul dalam dunia kepariwisataan, Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan sertifikasi kompetensi bagi sejumlah SDM sektor perhotelan dan restoran di Banua.

Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin, mengatakan bahwa setiap karyawan perhotelan dan restoran idealnya memiliki nilai atau grade sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pihak Kementerian Parekraf.

“Untuk itu kami mengadakan uji sertifikasi ini untuk menumbuhkan nilai-nilai kompetensi etos kerja berbasis keahlian yang mumpuni, sehat, dan fair. Apalagi saat ini Indonesia termasuk dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA ) yang mana kesempatan bekerja dan berkarier dalam bidang perhotelan dan restoran terbuka lebar,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Selasa (29/3/2022).

Sementara itu, Faisal Amir, Kepala Bidang Industri Kelembagaan Pariwisata (IKP) mengatakan uji sertifikasi ini penting dimiliki oleh SDM perhotelan dan restoran di Banua, apalagi saat ini sejumlah industri kepariwisataan di kawasan Asia Tenggara telah menerapkan sistem kompetensi.

“Melalui program ini kami ingin mendorong SDM perhotelan dan restoran untuk jadi lebih siap dan berdaya saing,” kata Faisal.

Uji kompetensi SDM perhotelan dan restoran ini diselenggarakan dua hari sampai 30 Maret 2022, diikuti 25 peserta di bidang perhotelan dan 25 peserta di bidang restoran yang tergabung dalam badan yang telah memiliki akreditasi internasional. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai