Pemprov Kalsel Dorong Sinkronisasi Program Pembangunan Infrastruktur di Kalsel

Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang Kalsel mengadakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kabupaten/Kota se-Kalsel di Banjarmasin, Senin (28/3/2022). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel mendorong sinergi dan sinkronisasi program penyelenggaraan bidang PUPR di Kab/Kota se-Kalsel untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur di Banua.

Hal tersebut disampaikan Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Kalsel, Syaiful Azhari saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rokornis) Kabupaten/Kota se-Kalsel di Banjarmasin, Senin (28/3/2022).

Syaiful Azhari mengatakan kegiatan Rakornis upaya bersama untuk mensinergikan rencana program kegiatan di tahun 2023 antara Kabupaten/Kota dengan Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Rakornis ini merupakan forum konsolidasi dan sinergi seluruh pemangku kepentingan terkait perumusan program pembangunan infrastruktur yang berskala prioritas guna mensinergikan Sumber Daya Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah melalui sinkronisasi program dan kegiatan penyelenggaraan bidang pekerjaan umum dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat sasaran serta berkelanjutan,” Kata Syaiful.

Oleh karena itu, sinkronisasi dilaksanakan untuk menyelaraskan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Kementerian Lembaga (RENJA KL) dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Kabupaten/Kota, termasuk keterkaitan untuk mendongkrak percepatan pembangunan melalui pembiayaan dana perimbangan, Dana Alokasi Khusus (DAK), dan pembiayaan dekonsentrasi serta tugas pembantuan.

“Untuk mengawali langkah keterpaduan dan penyerapan aspirasi dari daerah bidang PUPR, maka pada hari ini kita duduk bersama menyelaraskan dan menyepakati program kegiatan yang nantinya akan digunakan sebagai acuan penyusunan kegiatan pada tahun 2023 mendatang,” ungkapnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini, setiap pihak memilih program kegiatan yang menjadi skala prioritas dan dapat dilaksanakan dengan menggunakan sumber dana APBN, APBD Provinsi, maupun APBD Kabupaten Kota, sehingga arah pembangunan menjadi lebih jelas sesuai diamanahkan dalam RPJM.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PUPR Kalsel, Nasrullah menambahkan kegiatan Rakornis PUPR Kalsel diikuti dari pemegang program kegiatan dinas PUPR 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Kegiatan menghadirkan narasumber yaitu Kementerian PPN atau Bappenas Ahmad Zainuddin, Kementerian PUPR Anum Kurniawan selaku Kepala Bidang Perencanaan Fasilitasi Infrastruktur Daerah dan Bappeda Kalsel. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai