DJPb dan Pemprov Kalsel Bersinergi Tingkatkan Perekonomian Kalsel

DJPb Kalsel/dok

Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) beserta Perwakilan Kementerian Keuangan Kalsel menggelar Forum Koordinasi Pengelolaan Keuangan Negara (FKPKN) bersama Sekretaris Daerah Kalsel dan Kepala SKPD lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel beberapa waktu lalu.

Forum Koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya antara Kepala Kanwil DJPb Kalsel selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Kalsel dengan Sekretaris Daerah Kalsel.

Kepala DJPb Kalsel, Sulaimansyah, mengatakan rencana aksi yang akan dilaksanakan pada tahun ini sebagai Regional Chief Economist, seperti melakukan peningkatan kualitas fiskal regional, pemetaan peluang investasi daerah, percepatan penyerapan APBN, optimalisasi penyaluran KUR, dan lain sebagainya.

“Tak terkecuali ketiga Kepala Kanwil Kementerian Keuangan lainnya yang turut memaparkan isu-isu penting pada bidang masing-masing yang memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian di Kalsel,” kata Sulaimansyah, Banjarmasin, Selasa (15/3/2022).

Sulaimansyah berharap forum koordinasi pengelolaan keuangan negara ini akan terus berlanjut menjadi diskusi-diskusi tajam antara Pemerintah Daerah dengan Kemeterian Keuangan Kalsel, sehingga dapat menemukan peluang dan memaksimalkan potensi ekonomi di Kalsel.

Dijelaskan Sulaimansyah, forum tersebut bertujuan untuk memperkuat sinergi dan kerja sama antara Kementerian Keuangan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel agar mampu meningkatkan perekonomian dan keuangan regional di Kalsel.

“FKPKN merupakan wujud implementasi arahan Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam Rapat Pimpinan Terbatas Eselon I tanggal 26 Agustus 2021 yang meminta DJPb agar mendesain forum koordinasi untuk mendukung pengembangan pelaksanaaan perekonomian di daerah, serta arahan Wakil Menteri Keuangan yang menyatakan bahwa FKPKN harus melibatkan regional economist, akademisi, dan universitas,” ujar Sulaimansyah.

Sejauh ini, Kementerian Keuangan Kalsel telah berhasil bersinergi bersama Pemprov Kalsel, di antaranya dengan membentuk tim Monev KUR bersama sesuai dengan arahan Menko Perekonomian.

Kemudian, Kanwil DJP Kalselteng juga berhasil melakukan Perjanjian Kerja Sama antara DJP, DJPK, dan Pemerintah Daerah yang sangat membantu dalam mengoptimalkan pemungutan pajak pusat dan daerah.

Di pertengahan tahun ini, Kanwil DJKN Kalselteng berharap dapat melakukan kolaborasi penilaian aset dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalsel, yang jika dapat dilakukan dengan optimal, hasil penilaian akan mendukung penerimaan PAD tahun ini.

Selain itu, tahun ini Kanwil DJKN Kalselteng merencanakan kegiatan Gebyar Lelang UMKM dan diharapkan para pelaku UMKM di Kalsel dapat turut serta, karena dinilai sangat menguntungkan.

Sulaimansyah pun mengatakan Sekretaris Daerah Kalsel sangat menyambut baik kolaborasi yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan Kalsel untuk membantu meningkatkan perekonomian Banua.

“Beliau mengatakan bahwa kunci peningkatan perekonomian suatu daerah adalah bukalah karpet merah untuk peluang investasi yang ada. Semakin banyak investasi yang masuk semakin terbuka peluang lapangan kerja, serta multiplier effect yang lain,” kata Sulaimansyah. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih