Dinas PUPR Kalsel Akan Perbaiki Akses Jalan Banua Anyar-Sultan Adam

suasana jalan Banua Anyar-Sultan Adam Banjarmasin. doc

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel pada tahun 2022 akan memperbaiki akses jalan Banua Anyar-Sultan Adam Banjarmasin.

“Kami tahun ini ada beberapa akses jalan yang di tangani jalan banua anyar-sultan adam Banjarmasin dan trikora guntung manggis-liang anggang Banjarbaru,” kata Plt Kadis PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar melalui Kepala Seksi Jalan, Wahid Ramadhan di Banjarbaru, Rabu (2/3/2022).

Wahid mengatakan, kerusakan ruas jalan banua anyar-sultan adam Banjarmasin dan trikora guntung manggis-liang anggang Banjarbaru dikarenakan seringnya angkutan berat melintasi jalan tersebut sehingga membuat aspal jalan berlubang.

Oleh karena itu, pihaknya akan memperbaiki dua ruas jalan tersebut dengan cara penambalan jalan yang berlubang serta penumpukan batu setelah itu dilakukan pengaspalan kembali.

“Kami lakukan penambalan lubang-lubang jalan yang rusak dan diaspal kembali,” ujarnya.

Selain jalan, pihaknya juga memperbaiki saluran drainase disekitaran jalan Banua Anyar-Sultan Adam dengan total anggaran Rp3 miliar.

“Perbaikan saluran drainase dilakukan agar nantinya ketika hujan jalan tersebut tidak tergenang air,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Dinas PUPR Kalsel hanya berwenang untuk melaksanakan perbaikan atau peningkatan jalan yang statusnya Provinsi. Sementara statusnya jalan Nasional kewenangan Pusat dan jalan Kabupaten/Kota kewenangan terletak di masing-masing Pemkab/Pemkot.

“Jadi perlu disampaikan masyarakat agar tahu bahwa yang jadi wewenang Pemprov melalui Dinas PUPR Kalsel adalah jalan provinsi bukan jalan nasional,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Bidang Bina Marga PUPR Kalsel selain perbaikan jalan juga akan fokus memperbaiki 2 Jembatan di Kabupaten Tanah Laut yaitu jembatan di daerah Wisata Pantai Tangkusung dan Pantai Batakan. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai