Pokjanal Posyandu Mempunyai Peran Penting Dalam Berikan Pelayanan Kesehatan

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah saat menyampaikan materi pada kegiatan Koordinasi Penguatan Pokjanal Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 di Hotel Berbintang Banjarmasin, Senin (13/12/2021). MC Kalsel/tgh

Kelompok Kerja Opersional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) mempunyai peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah saat menyampaikan materi pada kegiatan Koordinasi Penguatan Pokjanal Posyandu Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2021 di Hotel Berbintang Banjarmasin, Senin (13/12/2021).

Menurutnya, Posyandu merupakan wadah pelayanan masyarakat garda terdepan bagi pelayanan sosial dasar di masyarakat yang memiliki pengaruh tinggi dan kedekatan yang erat dengan masyarakat jika dibandingkan dari lembaga masyarakat lain yang ada di kelurahan.

“Sebagai garda terdepan begitu pentingnya posyandu ini di masyarakat,” katanya.

Untuk itu, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel berupaya semaksimal mungkin meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan para Kader Posyandu dengan harapan para Kader Posyandu dapat menjadi fasilitator dan dinamisator berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan, serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi kita berupaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan di Posyandu, bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah dan para kader Posyandu saja, akan tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab bersama semua pihak, yakni pemerintah dan seluruh lapisan warga masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap kepada semua pihak, agar senantiasa berupaya optimal mendukung dan memperhatikan Posyandu, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu masing-masing Kabupaten/Kota.

“Kesehatan itu yang utama, jadi semua anak harus mendapatkan imunisasi yang lengkap, serta PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), supaya menjadi budaya di masyarakat,” terangnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai