DPPPA Kalsel Perkuat Sinergi Gugus Tugas KLA Tanah Bumbu

Suasana Advokasi Gugus Tugas KLA, di Tanah Bumbu, Senin (6/12/2021). DPPPA Kalsel/dok

Dalam rangka memperkuat koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergi antar Gugus Tugas Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Advokasi KLA Klaster Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang, dan Kegiatan Budaya Tahun 2021, di Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (6/12/2021).

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak DPPPA Kalsel, Andrian Anwary, berharap advokasi tersebut dapat direplikasi dan diduplikasi oleh Gugus Tugas KLA Tanah Bumbu, sehingga tidak terbatas pada klaster empat yang terdiri dari pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya saja.

“Ini merupakan bentuk peran serta pemerintah untuk membantu kabupaten/kota khususnya pada klaster pendidikan pemanfaatan waktu luang dan budaya,” kata Andrian.

Lebih penting, kata Andrian, advokasi bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait konvensi hak anak, seperti prinsip non diskriminasi, kepentingan terbaik untuk anak, tumbuh berkembang, serta partisipasi dan suara anak.

“Kedepan, KLA diharapkan mampu mendukung Pemerintah Daerah hingga Kepala Daerah untuk bisa membuktikan pada saat evaluasi yang dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian PPA bahwa Tanah Bumbu sudah menjalankan indikator dan klaster yang ada di program KLA,” ucap Andrian. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai