Dispar Kalsel Sambut Baik Peluang Majukan Parekraf

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Syarifuddin, Banjarmasin, Kamis (25/11/2021). MC Kalsel/Jml

Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel) menyambut baik terbukanya peluang untuk mendapatkan bantuan infrastruktur ekonomi kreatif tahun 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf).

Diketahui, Kementerian Parekraf menerima proposal bantuan pemerintah mulai tanggal 8 November hingga 8 Desember nanti. Bantuan yang akan diberikan berupa fasilitasi revitalisasi prasarana infrastruktur fisik ruang kreatif dan sarana ruang kreatif.

“Masih ada waktu untuk para pelaku Ekraf untuk mengajukan proposal bantuan pemerintah ini. Mari manfaatkan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Syarifuddin, Banjarmasin, Kamis (25/11/2021).

Selain bantuan pemerintah, pada tahun 2022 mendatang Dinas Pariwisata Kalsel juga akan mengajukan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor Parekraf.

“Kita juga telah mengusulkan ke Kemenparekraf terkait bantuan untuk destinasi wisata yang terdampak banjir pada awal tahun tadi. Insya Allah pada awal Desember nanti kami akan berkunjung ke Kemenparekraf untuk menyampaikan usulan dan juga program apa saja dari pusat yang bisa dibawa ke daerah,” ucap Syarifuddin.

Meskipun tidak memiliki binaan Ekraf secara khusus, selama ini Dispar Kalsel terus berupaya meningkatkan SDM para pelaku Ekraf melalui pelatihan yang dilaksanakan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Kami juga membantu mempromosikan mereka melalui aplikasi yang saya kembangkan pada Diklat Kepemimpinan sebelumnya. Semoga kedepan potensi pariwisata dan Ekraf kita lebih dikenal secara luas,” kata Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Mungkin Anda Menyukai