Pemprov Kalsel Kirim Tim BPBD Bantu Penanggulangan Bencana Banjir di Provinsi Kalteng

Saat proses evaluasi warga yang terdampak banjir di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalteng.

Pemprov Kalsel turut peduli dengan bencana banjir yang dialami oleh provinsi tetangga yakni Kalimatan Tengah dengan mengirimkan bantuan Tim BPBD.

Pengiriman bantuan tersebut dilaksanakan atas instruksi langsung Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor. Tim BPBD Kalsel berangkat dari Banjarbaru pada hari Selasa (7/9/2021) Pukul 01.20 dini hari.

Rombongan berhasil tiba di Katingan pada pukul 19.30 malam dan rombongan langsung disambut oleh Kalak BPBD Katingan Roby dan stafnya.

Kepala BPBD Kalsel melalui Kasubid Kedaruratan BPBD Kalsel,Saefudin Dinarja saat dikonfirmasi, Kamis (9/9) malam mengatakan, keberangkatan tim BPBD Kalsel menuju banjir Katingan atas perintah langsung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui Kalak BPBD Kalsel.

Satu tim BPBD Kalsel tersebut yakni 12 orang terdiri dari 11 Orang Relawan dan 1 Komandan oleh Kasubbid Kedaruratan BPBD Prov Kalsel Saefudin Dinarja.

“Setelah rehat Sejenak di Gedung LPTQ kabupaten Katingan, selanjutnya kami mengevakuasi warga di Jalan Pahlawan, sebanyak 8 jiwa terdiri dari 3 orang anak, 1 balita dan dewasa 5 orang. Mulai pukul 21.00 Sampai pukul 24.00,” kata Dinarja.

Tim BPBD Kalsel kemudian besok paginya melanjutkan evakuasi di Jalan Bukit Raya kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan Kalteng.

“Sekaligus di Katingan hilir kita menyalurkan logistik dan makan siang. Ada 500 paket nasi bungkus yang dibagikan kepada warga terdampak di sana yang lebih dari 300 KK,” kata Dinarja.

Dari pantauan BPBD Kalsel, kedalaman air bervariatif. Mulai 50 cm sampai dengan 2 meter dengan arus yang cukup deras untuk diketahui dalam Tim BPBD Kalsel juga ada 3 orang relawan wanita yaitu Sely, Aisyah dan Yasmin.

“Ketiga relawan wanita kita perbantukan di dapur umum yang dibangun oleh Dinsos Kabupaten Katingan,” terang Dinarja.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat ditemui di sela kegiatan formal, mengungkapkan apresiasi atas kecepatan BPBD dalam merespon instruksinya.

“Saya selalu mengingatkan SKPD untuk selalu peka dan bergerak cepat jika terjadi bencana, termasuk membantu daerah tetangga jika ada musibah,” ucapnya.

Sahbirin juga mengatakan, musibah banjir yang terjadi di Kalteng harus disikapi dengan gotong royong dan kekompakan persaudaraan.

“Saya juga sangat berterima kasih pada komponen masyarakat lain atau pemerintah daerah Kabupaten/Kota turut membantu,” ucapnya. Adpim Kalsel. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai