Dinas Perdagangan (Disdag) Kalimantan Selatan terus mendorong kemajuan UMKM lokal. Kali ini, dengan menggelar webinar kemitraan usaha, hasil kerja sama dengan Kementerian Perdagangan dan salah satu marketplace ternama.
Pada webinar yang diikuti 206 pelaku UMKM se-Kalsel, Kepala Disdag Kalsel, Birhasani, mengatakan sudah saatnya pelaku usaha memanfaatkan pasar online dengan segala keunggulan yang dimiliki, baik dari sisi efisiensi biaya maupun jangkauan pemasaran yang lebih luas.
“Jadi, tidak memerlukan waktu khusus, bahkan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan para ibu-ibu rumah tangga, namun diperlukan keuletan, skill yang baik dalam penguasaan teknologi informasi dan kejujuran serta kominmen untuk menjamin kualitas,” kata Birhasani, Banjarmasin, Kamis (29/7/2021).
Pasar online, lanjut Birhasani, berpeluang tidak hanya eksis di masa pandemi. Nantipun, pasar online diyakini akan semakin berkembang di tengah kemajuan teknologi dan kecendrungan masyarakat yang mulai terbiasa berbelanja secara online.
Sementara itu, Leo Kevin selaku narasumber memberikan banyak sekali bekal kepada pelaku UMKM Kalsel tentang pentingnya mengelola branding agar tampil menarik dalam promosi dan penjualan online.
“Bahkan secara teknis dalam pemanfaatan marketplace, tentunya pengetahuan tersebut sangat bermanfaat bagi pelaku usaha dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kualitas produknya dan mampu memberikan akses pasar bagi produk UMKM melalui penjualan secara online dengan bermitra,” kata Leo. MC Kalsel/scw