Diskominfo Kalsel Rancang Aplikasi Pendaftaran Vaksinasi COVID-19

Kepala Diskominfo Kalsel, GT Yanuar Noor Rifai. MC Kalsel/Jml

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Selatan (Kalsel) merancang sebuah aplikasi pendaftaran untuk mencegah kerumunan saat pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Kepala Diskominfo Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai mengatakan saat ini perancangan aplikasi tersebut masih dalam tahap pembahasan dengan Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan.

“Kami (Diskominfo Kalsel) akan membuat mekanismenya (aplikasi) untuk memudahkan masyarakat untuk melakukan pendaftaran ke fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksinasi COVID-19 melalui gawai pintarnya,” kata Rifai, Banjarbaru, Selasa (6/7/2021).

Rifai menambahkan, Pemerintah Provinsi akan bekerjasama dengan Pemerintah dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, agar aplikasi tersebut bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Banua.

“Nanti kami akan sosialisasikan melalui media sosial, dan grup pejabat daerah, terutama yang daerahnya melaksanakan vaksinasi massal,” kata Rifai.

Rifai meyakinkan, mekanisme pendaftaran vaksinasi akan dibuat semudah mungkin demi kenyamanan pengguna.

“Jadi nanti masyarakat bisa mengiisi biodata melalui gawai pintar mereka, kemudian akan dicocokkan oleh petugas kesehatan ditempat vaksinasi. Aplikasi ini sendiri direncanakan akan diluncurkan secepatnya, mengingat ada target 1 juta vaksin per-harinya,” tukas Rifai. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai