Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan menggencarkan promosi gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) sebagai dukungan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terdampak COVID-19, sekaligus sebagai upaya untuk memulihkan ekonomi.
“Ini juga untuk membentengi masyarakat dari serbuan produk impor, sehingga hal ini sangat diperlukan dukungan dan peran dari semua elemen masyarakat, terlebih di era globalisasi dan digital,” kata Birhasani, saat Sosialisasi BBI Angkatan I, di Banjarmasin, Kamis (24/6/2021).
Masyarakat, lanjut Birhasani, harus mengetahui bahwa membeli dan menggunakan produk lokal sangat membantu perekonomian.
“Siapa lagi kalau bukan kita sendiri yang bangga mencintai dan menggunakan produk bangsa Indonesia,” ujar Birhasani.
Karena, bukan hal mudah untuk membatasi serbuan produk luar yang masuk ke Kalimantan Selatan. Sehingga, masyarakat sebagai konsumen memiliki peran besar terhadap keberlangsungan produk lokal.
“Benteng yang paling akhir ada di masyarakat itu sendiri,” ucap Birhasani. MC Kalsel/scw