Mulai 11 Juni, Tahura Sultan Adam Kembali Dibuka

Kawasan wisata alam Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam yang meliputi Mandiangin, Belangian, Kahung dan Sungai Luar akan dibuka kembali mulai 11 Juni besok, setelah melalui serangkaian koordinasi dengan pemangku kepentingan.

“Jumlah kuota pengunjung kawasan wisata alam Tahura Sultan Adam yang disepakati hanya 500 orang per hari atau 50 persen,” ucap Plt. Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan, Fathimatuzzahra, di Banjarbaru, Kamis (10/6/2021).

Namun demikian, Fathimatuzzahra menekankan penerapan sejumlah aturan yang harus dipatuhi pengunjung, di antaranya adalah wajib menggunakan masker.

“Tempat cuci tangan juga banyak disediakan dan kantong sampah bagi pengunjung disediakan untuk memudahkan dalam membuang sampah ke tempat sampah serta petugas kami akan mengawasi secara ketat,” ujar Fathimatuzzahra.

Petugas di lapangan, lanjut Fathimatuzzahra, akan memantau setiap 30 menit, agar tidak terjadi kerumunan orang. Pemantauan juga dilakukan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Waktu kunjungan dibatasi dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WITA dan kegiatan untuk menginap tidak diperbolehkan,” tegas Fathimatuzzahra.

Untuk meminimalkan interaksi, pendaftaran masuk lokasi wisata pun hanya bisa dilakukan secara online melalui situs http://bit.ly/Registrasi-Online-Tahura-SA.

“Dalam satu minggu akan ada satu hari dilakukan penutupan untuk evaluasi sekaligus penyemprotan disinfektan secara menyeluruh guna mencegah penyebaran COVID-19,” tukas Fathimatuzzahra. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai