UPTD Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Sediakan Akses Display Cuaca

UPTD Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Stasiun Meteorologi (Stamet) Syamsudin Noor terkait display cuaca bagi para nelayan dan anak buah kapal (ABK).

“Display cuaca ini kita update setiap harinya. Di display ini terdapat prakiraan cuaca wilayah pelabuhan, gelombang untuk tiga hari ke depan, prakiraan wilayah perairan dan satelit cuaca,” kata Aditya Prakoso, Prakirawan Cuaca Stamet Syamsudin Noor Banjarmasin, Senin (7/6/2021).

Ditambahkan Aditya, nantinya masyarakat atau pengguna jasa informasi cuaca bisa melihat dan mengakses secara langsung prakiraan cuaca yang ditampilkan di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin.

“Prakiraan cuaca perairan sekitar Kalsel hari ini cukup aman. Ada beberapa wilayah laut Jawa bagian timur dan barat gelombang diperkiraan cukup tinggi bisa mencapai 2,5 meter, itu perlu di waspadai perahu nelayan, kapal tongkang juga kapal ferry karena memang gelombang tinggi,” kata Aditya.

Di Kalsel, informasi prakiraan cuaca wilayah perairan tersedia di tiga tempat, yaitu Pelabuhan Perikanan Banjarmasin, Pelabuhan Trisakti Bandarmasih serta di Muara Kintap.

“Update prakiraan gelombang nantinya akan ditampilkan setiap hari untuk 1 hari sampai 7 hari mendatang, sedangkan satelit cuaca update setiap ada citra satelit terbaru 10 menit sekali,” ujar Aditya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai