Wamen PUPR RI Perkirakan Pembangunan Jembatan Alalak Selesai pada Maret 2021

Wamen PUPR RI, John Wempi Wetipo, memberikan sambutan sebelum meninjau kemajuan pembangunan infrastruktur di Kalsel pada Kunker bersama anggota Komisi V DPR RI, Rifqinizamy Karsayudha, Banjarbaru, Rabu (21/10/2020). MC Kalsel/Ar

Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, John Wempi Wetipo bersama anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Rifqinizamy Karsayudha meninjau pembangunan proyek jembatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Rabu (21/10/2020).

Dari hasil peninjauan, John mengatakan pembangunan jembatan tersebut akan selesai pada Maret mendatang, jika memang tidak ada kendala berarti yang terjadi.

“Kalau memang tidak ada halangan, di tahun 2021 bulan Maret akan tuntas dikerjakan,” ucap John.

Selain meninjau pembangunan jembatan, dalam lawatan pertama ke Kalsel itu, John juga mengunjungi sejumlah proyek yang sedang dikerjakan, sekaligus melihat potensi pembangunan infrastruktur lainnya yang bisa dilakukan.

“Saya memang baru pertama kali ke Kalimantan Selatan, saya lihat memang ada banyak hal yang masih harus dikerjakan disini,” kata John.

John pun mengakui ada beberapa permasalahan yang sering dihadapi dalam membangun infrastruktur. Salah satunya, terkait status lahan yang berhubungan dengan masyarakat.

“Kadang memang ada kendala yang dihadapi di Kementerian PUPR itu soal status lahannya, entah mau bangun jembatan, mau bangun jalan atau mau bangun fasilitas, kadang kita terhambat karena soal lahan,” terang John.

Oleh karena itu, John meminta penguatan sinergi antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat, mengingat permasalahan lahan sebagian besar merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah.

Namun demikian, John mengatakan Pemerintah Pusat siap membantu mengatasi permasalahan yang ada, termasuk soal pembiayaaan.

“Karena lahan ini kan kadang jadi tanggung jawab Pemerintah Daerah.
Kalau soal lahan, komunikasi dengan warga ini juga kita jalankan secara bersama supaya infrastruktur yang kita bangun tidak terhambat,” kata John. MC Kalsel/Rns/AY

Mungkin Anda Menyukai