Antisipasi Penularan Covid-19 Pada Lansia, PSTW Budi Sejahera Batasi Jumlah Kunjungan

Kepala PSTW Budi Sejahtera Kalimantan Selatan, Surya Fujianorrochim, memberikan keterangan terkait antisipasi Covid-19 bagi Lansia, Banjarbaru, Kamis (30/7/2020). MC Kalsel/scw

Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera Kalimantan Selatan (PSTW) memberlakukan sejumlah aturan guna mengantisipasi penularan Covid-19 pada orang Lanjut Usia (Lansia).

“Dari segi penerimaan, kami tidak menerima Lansia dari luar panti dan membatasi tamu yang berkunjung. Sampai saat ini tidak ada para Lansia PSTW yang terkena virus Covid-19,” kata Kepala PSTW Budi Sejahtera Kalimantan Selatan, Surya Fujianorrochim, Banjarbaru,  Kamis (30/7/2020).

Dikatakan Surya, saat ini panti yang berada dibawah naungan Dinas Sosial Kalimantan Selatan itu memiliki daya tampung 170 Lansia, dengan usia minimal 60 tahun.

“Berhubung adanya pandemi Covid-19, kapasitas panti dikurangi menjadi 170. Dengan total 20 wisma, di Landasan Ulin ada 13 wisma dan Martapura 7 wisma,” ucap Surya.

Dari total wisma tersebut, lanjut Surya, rata-rata diisi 8 sampai 12 Lansia. Selain itu, PSTW Budi Sejahtera juga memiliki 1 Dokter dan 27 Perawat yang ditempatkan sesuai kebutuhan.

Surya pun mengungkan sebagian besar Lansia yang berada di tempat tersebut memiliki latar belakang belakang ekonomi, sehingga menyebabkan terlantar.

“Jadi, dengan syarat terlantar kita menerima para Lansia. Sesuai dengan aturan, untuk Lansia diluar panti, sesuai kewenangan Dinsos Daerah,” ucap Surya.

Untuk mengisi hari, PSTW Budi Sejahtera mengutamakan kegiatan keagamaan dan memberikan pelayanan secara gratis sampai akhir hayat Lansia. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *