Kalsel Sumbang Tarian Daerah pada Pagelaran Kesenian HUT ke-75 Kemerdekaan RI

Kepala Bakesbangpol Kalsel, Heriansyah (kiri depan) beserta sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Kalsel mengikuti Rakor Persiapan Pagelaran Kesenian HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 yang diselenggarakan secara virtual oleh Sekretariat Presiden, Banjarbaru, Rabu (8/7/2020).

Sebagaimana sebelumnya, Istana Kepresidenan Republik Indonesia akan menyelenggarakan rangkaian Acara Kenegaraan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Bedanya, mengingat sampai saat ini Indonesia masih berada di masa pandemi Covid-19, peringatan pun akan digelar secara virtual, namun tetap disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi pemerintah dan swasta di Indonesia.

“Acara kenegaraan akan didahului dengan penampilan Pagelaran Kesenian selama 30 menit sebelum Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan 60 menit sebelum Upacara Penurunan Bendera pada sore hari,” ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, pada Rapat Koordinasi Virtual Persiapan Pagelaran Kesenian Dalam Rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, Rabu (8/7/2020).

Terkait acara tersebut, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kalimantan Selatan, Heriansyah, mengatakan Kalsel akan berpartisipasi dengan mempersembahkan kesenian daerah.

“Kita akan menampilkan tarian daerah. Selain Kalsel, tiga provinsi lain juga akan memberikan persembahan yaitu NTB, Aceh, dan Riau,” ujar Heriansyah.

Tarian dimaksud yakni Talabet yang berarti perisai, menceritakan tentang asal usul Pulau Kambang yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Barito Kuala.

Pada tahun 2019 lalu, tarian yang dibawakan oleh Sanggar Permata Ije Jela Kabupaten Barito Kuala itu berhasil meraih penghargaan pada Parade Tari Nusantara sebagai 13 Penyaji Unggulan, Penata Tari Unggulan, Penata Musik Unggulan, dan Penyaji Terbaik Antar Wilayah Kalimantan.

Heriansyah pun berharap peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di tahun ini berjalan dengan lancar dan tidak mengurangi semangat menuju Indonesia maju, sesuai tema yang diusung. MC Kalsel/AY

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan