Ombudsman RI merayakan HUT ke-20 yang dirangkai dengan penyerahan apresiasi kepada sepuluh instansi oleh Ombudsman Perwakilan Kalimantan Selatan, di Plaza Smart City, Siring Menara Pandang, Banjarmasin, Selasa (10/3/2020).
Sejak tahun 2014 sampai tahun lalu, secara nasional Ombudsman RI telah menangani 47.831 laporan, dengan 46.777 laporan mencapai kesepakatan.
Kepala Ombudsman Perwakilan Kalsel, Noorhalis Majid mengatakan sejak tahun 2010 akhir sampai sekarang, Ombudsman Kalsel telah menangani 1.432 laporan.
“Yang telah diselesaikan 1.416 laporan, sisanya 16 laporan masih dalam proses penyelesaian,” ujarnya.
Untuk memperingati dua dekade Ombudsman RI, lanjut Noorhalis, pihaknya memberikan apresiasi kepada sepuluh instansi di Kalsel yang telah berperan dalam peningkatan pelayanan publik.
“Sepuluh instansi yang kami nilai yaitu pionir, inovatif, responsif, dan juga partisipatif dalam mewujudkan pelayanan publik yang semakin baik di Kalsel,” terangnya.
Penilaian tersebut berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, salah satunya dengan menjadi mistery shopper ke sejumlah instansi.
“Kita melakukan kunjungan langsung serta mistery shopping. Dengan begitu kita dapat melihat dari dekat inovasi yang sudah dilakukan,” tambah Noorholis.
Adapun sepuluh instansi yang mendapat apresiasi yakni Polda Kalsel, Polres Banjarbaru, Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong, Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin, Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Pemko Banjarmasin, Pemkab Batola, Pemko Banjarbaru dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tapin. MC Kalsel/Rns