20 Ribu lebih Personil Gabungan TNI-Polri Amankan Haul Guru Sekumpul

Apel Gelar pasukan Pengamanan haul ke-15 Guru Sekumpul Tahun 2020 di lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kabupaten Banjar, Selasa (25/2/2020). MC Kalsel/tgh

Apel Gelar pasukan Pengamanan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul Tahun 2020 di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kabupaten Banjar, Selasa (25/2/2020).

Kegiatan apel dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel diwakilkan kepada Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Aneka Pristafuddin.

Dalam Amanatnya, Brigjen Pol Aneka Pristafuddin mengatakan apel ini digelar untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya.

“Karena kegiatan haul Guru Sekumpul setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah jamaah sehingga diperlukan kesigapan anggota di lapangan untuk mengantisipasinya,” ujarnya.

Oleh karenanya pengamanam yang akan digunakan yaitu pengamanan terbuka dan tertutup. Mengingat jamaah yang akan mengikuti kegiatan haul tersebut diperkirakan mencapai 2 juta orang lebih bukan hanya masyarakat umum namun juga para pejabat daerah dan pejabat pusat.

“Tidak bisa dipungkiri dampak acara ini tentu sangat besar baik itu secara sosial, ekonomi maupun dari kerawanan yang muncul seperti kemacetan arus lalu lintas, tindak pencurian seperti curanmor, pencopetan maupun jamaah yang berdesak-desakan,” ungkapnya.

Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Aneka Pristafuddin melakukan pemeriksaan barisan Apel Gelar pasukan Pengamanan Haul ke-15 Guru Sekumpul Tahun 2020 di lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kabupaten Banjar, Selasa (25/2/2020). MC Kalsel/tgh

Untuk itu lanjut ia menjelaskan pengaman haul Guru Sekumpul dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 29 Februari sampai 02 Maret 2020 dengan melibatkan personil dari wilayah kabupaten Banjar antara lain, Polres Banjar 845 personil, TNI 400 personil, Satpol PP dan Damkar 550 personil, Dishub 150 personil, Dinkes 1.100 personil, PLN 175 personil, BPBD 25 personil, Senkom 20 personil, relawan kurang lebih 21.000 personil.

Selain itu juga Polda Kalsel juga menyiapkan bantuan kekuatan sebanyak 1.052 orang terdiri dari Polda Kalsel 560 personil, Polres Banjarmmasin 200 personil, Polres Banjarbaru 275 personil, Polres Batola 25 personil, polres Tanah Laut 72 personil, Polres Tapin 60 personil, Polres HSS 60 personil.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Banjar, Khalilurrahman menghimbau dan menginstruksikan para aparat keamanan untuk menyikapi tamu-tamu yang datang ke tempat ini. Bukan main, diperkirakan hampir 2 juta orang.

“Ini perlu pengamanan yang ekstra ketat mengingat masyarakat yang datang lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya,” katanya.

Kegiatan juga dirangkai dengan pengecekan pasukan dan perlengkapan personil dalam pengamanan haul Guru Sekumpul ke-15. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan