Peringati HPSN 2020, DLH se-Kalsel Gelar Aksi Peduli Sampah

Pemerintah, swasta, LSM, dan ratusan masyarakat melakukan aksi peduli sampah di kawasan wisata Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (21/2/2020) pagi. MC Kalsel/Jml

Persoalan sampah masih menjadi masalah bagi segelintir negara di dunia termasuk Indonesia. Permasalahan sampah tidak bisa ditangani oleh pemerintah saja, perlu kolaborasi dengan semua elemen masyarakat.

Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalimantan Selatan beserta DLH se-Kabupaten/Kota di Kalsel melakukan aksi peduli sampah, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat yang berpusat di Wisata Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (21/2/2020) pagi.

Kepala DLH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan aksi peduli sampah itu dilakukan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari.

Kadis DLH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana, turut melakukan aksi peduli sampah di kawasan wisata Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (21/2/2020) pagi. MC Kalsel/Jml

“Melalui kegiatan ini diharapkan mampu mengedukasi seluruh lapisan masyarakat, karena bagaimanapun juga penanganan sampah itu tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah, peran serta masyarakat menjadi kunci utama dalam penanganan sampah tersebut,” ujar Hanifah.

Hanifah pun menjelaskan alasan dipilihnya wisata Pantai Pagatan sebagai lokasi HPSN 2020 tingkat Provinsi Kalsel tersebut sesuai dengan surat edaran dari Kementerian LHK yang menyerukan agar aksi peduli sampah dilakukan di tempat wisata.

“Limbah sampah itu paling terasa di tempat seperti ini, apalagi Pantai Pagatan ini tempat wisata. Semoga dengan kepedulian kita di tempat wisata ini menjadikan tempat ini jadi lebih bersih, indah, pengunjungnya makin banyak, dan paling penting untuk menjaga bumi,” tuturnya.

Aksi peduli sampah yang diikuti oleh ratusan orang dari berbagai kalangan masyarakat tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara pemerintah provinsi, daerah, swasta, LSM, dan masyarakat setempat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Semoga kegiatan peduli sampah di Pantai Pagatan hari ini bisa menggema dan beresonansi kepada seluruh kalangan masyarakat lain,” harapnya.

Nantinya, sampah-sampah yang telah dikumpulkan akan dikelola langsung oleh DLH Kabupaten Tanah Bumbu, karena sampah plastik masih punya manfaat yang bisa digunakan untuk didaur ulang di bank sampah.

Selain melakukan aksi peduli sampah, HPSN 2020 juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti  aksi menanam pohon cemara di sekitar wisata Pantai Pagatan.

Selain itu, DLH Kalsel dan kabupaten/kota juga melakukan Deklarasi Banua Kalsel Bebas Sampah serta penandatanganan kesepakatan bersama. Selain itu, di kesempatan tersebut juga dibagikan ratusan tumbler kepada peserta aksi peduli sampah. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih