Kwarda Pramuka Kalsel Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Sejumlah tamu undangan foto bersama usai Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H sekaligus syukuran renovasi Gedung Kwarda Pramuka Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Rabu (20/11/2019). MC Kalsel/scw

Pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H sekaligus syukuran renovasi Gedung Kwarda Pramuka Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Rabu (20/11/2019). Acara dihadiri Pengurus Kwarda, pejabat lintas sektor di lingkungan Pemprov Kalsel, pelajar serta masyarakat.

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, Raudhatul Jannah mengucap rasa syukur dan bangga, mengingat sudah banyak kegiatan yang dilakukan Gerakan Pramuka Kalsel selama ini, bahkan berhasil memperoleh rekor MURI untuk penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Keberhasilan tersebut, berkat kerjasama yang sangat baik dari semua pihak, lebih khusus Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan, dan Kepala Sekolah, sehingga tercapainya penyerahan KIA sebanyak 5 ribu kartu,” ujarnya.

Raudhatul berharap kerjasama yang baik tersebut bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan, karena masih banyak persoalan yang harus segera diatasi, terutama terkait perempuan, anak dan kesejahteraan sosial.

“Apalagi masih banyak persoalan-persoalan yang masih kita hadapi di Banua diantaranya yaitu stunting, pernikahan usia anak, angka rata-rata lama sekolah, angka kematian ibu, bayi dan balita, narkoba, kekerasan terhadap perempuan dan anak, jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial atau PMKS,” paparnya.

Di kesempatan tersebut, Raudhatul mengajak pihak terkait untuk meningkatkan kepedulian dan sinergitas untuk bisa mengatasi persoalan yang ada.

“Kolaborasi yang proaktif dan harmonis sangat menentukan dalam membantu menyelesaikan permasalahan tersebut,” katanya

Lebih lanjut Raudhatul menjelaskan, jika permasalahan tersebut tidak dituntaskan, akan berdampak negatif terhadap ketahanan keluarga dan kualitas SDM yang menyebabkan sulitnya mencapai kesejahteraan bagi masyarakat.

“Mari kita berupaya semaksimal mungkin memajukan Gerakan Pramuka di Kalimantan Selatan sekaligus mencetak generasi-generasi muda Kalimantan Selatan yang berkarakter dan berkepribadian kuat serta berbudi pekerti luhur, agar dapat membantu menyelesaikan persoalan di Banua,” tutupnya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan