Aplikasi Amnesia, Permudah Laporan Keluhan Masyarakat

Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin dan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah serta tamu undangan lainnya berfoto bersama pada acara launching aplikasi Amnesia (Aspirasi Masyarakat Indonesia) di Hotel Tree Park Banjarmasin, Senin (28/10/2019) malam. MC Kalsel/tgh

Pesatnya kemajuan teknologi membuat Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin memberanikan diri melaunching sebuah aplikasi yang bernama Amnesia (Aspirasi Masyarakat Indonesia) di Hotel Tree Park Banjarmasin, Senin (28/10/2019) malam.

Menurut, Syaripuddin aplikasi ini berfungsi untuk menampung aspirasi masyarakat, laporan serta keluhan dari masyarakat, maka artinya tak hanya pemerintah eksekutif di Kalsel yang miliki medium komunikasi langsung dengan masyarakat tapi juga pemerintah legislatif.

“Aplikasi Amnesia dikembangkan sedemikian rupa dengan desain antar muka moderen, intuitif dan mudah digunakan diawali dengan mengunduhnya di Google Playstore,” ujarnya saat ditemui awak media.

Oleh karena itu melalui aplikasi ini, masyarakat bisa menyampaikan langsung tak hanya laporan dan keluhan terkait kebijakan, fasilitas dan pelayanan publik yang menjadi kewenangan daerah, tapi juga saran, ide, inovasi dan terobosan untuk pemerintah baik eksekutif maupun legislatif.

“Jadi cara mengunakan aplikasi Amnesia, masyarakat bisa daftarkan diri menggunakan NIK, setelah itu diverifikasi baru bisa langsung menyampaikan saran, keluhan atau laporan sesuai lokasi Kabupaten/Kota domisili daerahnya,” paparnya.

Lebih lanjut Syaripuddin menerangkan setiap laporan akan segera ditanggapi sesuai dengan konteks saran atau laporan. Masing-masing laporan juga akan memiliki indikator status, apakah laporan diproses, berhasil diproses, diteruskan, ditunda atau ditolak.

“Untuk, konteks laporan yang bisa ditindaklanjuti langsung oleh DPRD Kalsel akan segera ditindaklanjuti. Kalau bisa langsung kita eksekusi akan kita eksekusi, tapi kalau kewenangan eksekutif akan kita teruskan,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin memberikan keterangan kepada isan pers usai launching aplikasi Amnesia (Aspirasi Masyarakat Indonesia) di Hotel Tree Park Banjarmasin, Senin (28/10/2019) malam. MC Kalsel/tgh

Tidak hanya itu, laporan masyarakat akan diteruskan ke pihak berwenang, laporan yang masuk juga akan menjadi basis data sebagai dasar pertimbangan saran kebijakan. “Aplikasi Amnesia diciptakan untuk memperluas cakupan konsep aduan yang selama ini dilakukannya secara pribadi,” jelasnya.

Sehingga dengan adanya aplikasi Amnesia, keluhan dan laporan bisa lebih terorganisir untuk dapatkan tanggapan dan tindaklanjut lebih komperhensif di masing-masing Kabupaten/Kota.

Sementara itu, Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah sangat mengapresiasi inovasi yang dibuat Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin telah melaunching aplikasi Amnesia ini.

“Semoga menjadi inspirasi anak-anak muda banua khususnya anak-anak muda di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Untuk itu saya berharap dengan dilaunchingnya aplikasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua masyarakat Kota Banjarmasin dan Kalimantan Selatan. Aplikasi ini nantinya akan saya kenalkan di Pemerintah Kota Banjarmasin untuk mengenalkan lebih jauh mengenai aplikasi tersebut. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan