Ulang Sukses Pemilu 2019 di Pilkada 2020

Penyerahan Penghargaan Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Senin (14/10/2019) malam. MC Kalsel/Jml

Pelantikan Anggota Legislatif DPRD Kalimantan Selatan periode 2019-2024 menandakan seluruh proses Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 di Kalsel telah selesai.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel, Sarmuji mengatakan Pemilu serentak 2019 merupakan pelaksanaan Pemilu paling sukses yang diselenggarakan di Kalsel.

“Pada Pemilu serentak tahun 2019, Kalimantan Selatan berhasil melampaui target yakni sekitar 81 persen dari 77 persen target KPU pusat,” kata Sarmuji pada kegiatan Penyerahan Penghargaan Penyelenggaraan Pemilu 2019 di ┬áHotel Rattan Inn Banjarmasin, Senin (14/10/2019) malam.

Menurutnya, kesuksesan tersebut berkat kerjasama semua pihak penyelenggara di Kalsel seperti Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan berbagai pihak lainnya.

“Kesuksesan Pemilu kali ini tidak luput dari peran berbagai pihak baik Pemerintah Provinsi Kalsel beserta jajarannya, perguruan tinggi yang mengerakan mahasiswanya untuk mensosialisasikan Pemilu, serta LSM yang juga turut mengambil peran mensosialisasikan dan mendinginkan suasana selama Pemilu di Kalsel,” jelasnya.

KPU Kabupaten/Kota di Kalsel juga telah memberikan andil yang besar dalam mensukseskan Pemilu serentak 2019, lanjutnya, seperti KPU Kabupaten Balangan yang menggerakan komisionernya untuk menyisir pasar mensosialisasikan Pemilu 2019.

“Melihat kerja keras semua pihak, KPU pun memberikan penghargaan kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan Pemilu serentak tahun 2019 di Kalimantan Selatan,” tukasnya.

Sementara itu Gubernur Kalsel diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Gusti Syahyar mengatakan Pemerintah Provinsi mengapresiasi keberhasilan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 di Kalsel.

“Semoga Pemilu 2019 ini melahirkan pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas dan dapat memajukan kemakmuran dan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia,” ujarnya.

Gubernur, lanjut Syahyar, juga berharap kesuksesan Pemilu serentak 2019 ini juga bisa terulang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kalsel 2020 mendatang.

“Semoga kesuksesan ini bisa terulang kembali pada Pilkada di Kalsel 2020 mendatang, dan juga kiranya Pilkada nanti bisa melahirkan pemimpin daerah terbaik untuk memimpin Kalsel dan kabupaten/kota,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Divisi SDM, Organisasi, Diklat dan Litbang KPU RI, Ilham Saputra mengatakan agar kiranya pengalaman pelaksanaan Pemilu 2019 dijadikan pembelajaran.

“PR kita kedepan yakni mengevaluasi kembali kelemahan dan kekurangan pada Pemilu 2019 seperti tahapan penetapan DPT, tahapan pencalonan, pemungutan hingga penghitungan suara,” kata Ilham.

Ilham juga berpesan kepada KPU Kalsel dan seluruh pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Pemilu atau Pilkada agar kiranya tidak terlena dengan hasil saat ini dan menjadikannya cambuk untuk bekerja lebih baik lagi. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan