Akademi Martim Nusantara Banjarmasin Wisuda 40 Perwira Pelayaran Siap Kerja

Pembina Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin, Jumadri Masrun bersama Direktur Utama Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin, M.Fahtuliansyah (kanan) saat memberikan keterangan kepada rekan media usai Wisuda ke-13 Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin di Golden Tulip Hotel, Sabtu (12/10/2019). MC Kalsel/Jml

Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin kembali melantik dan mewisuda 40 perwira pelayaran niaga dan kepelabuhan di Golden Tulip Hotel Banjarmasin, Sabtu (12/10/2019).

Direktur Utama Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin, M.Fahtuliansyah mengatakan selama 3 tahun mengikuti pendidikan, angkatan tahun ini merupakan salah satu lulusan terbaik Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin.

“Hampir 100 persen lulusan Akademi Nusantara Banjarmasin terserap dibeberapa perusahaan pelayaran se-Kalimantan. Selain itu lulusan kami juga banyak yang terserap ke instansi pemerintahan seperti, Dinas Perhubungan, KSOP, dan Pelindo” ujarnya.

Permintaan mitra kerja terhadap lulusan Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin terus meningkat setiap tahunnya, lanjut Fahtuliansyah, tahun ini saja mitra kerja meminta 150 lulusan Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin, namun untuk tahun ini hanya 40 lulusan yang bisa dikirimkan.

“Memang lulusan kita tahun ini dibawah permintaan, hal ini disebabkan kurangnya animo masyarakat terhadap pelayaran dan kepelabuhan. Namun untuk tahun depan kami akan meluluskan 195 perwira aktif, semoga jumlah ini dapat memenuhi permintaan mitra kerja” jelasnya.

Lebih jauh Fahtuliansyah menjelaskan, untuk meningkatkan minat masyarakat Kalimantan khususnya Kalsel terhadap sekolah pelayaran, pihaknya telah melakukan berbagai langkah promosi baik melalui internet ataupun dengan jemput bola ke Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) di Kalimantan.

“Sejak tahun 2017 kami sudah mempunyai website Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin yang bisa diakses oleh masyarakat lokal dan nasional. Sementara untuk SLTA, hampir semua yang ada di Kalsel dan Kalteng sudah dikunjungi untuk melakukan promosi” imbuh Fahtuliansyah.

Sebagai info tambahan, Fahtuliansyah menerangkan, Akademi Maritim Nusantara memiliki hampir 400 mitra shipping bisnis, 50 diantaranya seperti APBMI dan INSA sudah melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU).

Sementara itu, Pembina Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin, Jumadri Masrun menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan lulusan-lulusan yang siap bekerja.

“Dari 40 lulusan tahun ini sudah ada 32 orang yang ditarik untuk bekerja ditempat mereka magang sebelumnya seperti perusahaan pelayaran dan bongkar muat, untuk sisanya ada yang memutuskan kembali ke tempat asal dan ada juga yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana di Surabaya dan Semarang” jelas Jumadri.

Sampai sejauh ini, lanjutnya, Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin telah meluluskan 600 lebih perwira pelayaran yang mana mereka semua sudah terserap di dunia kerja.

“Kedepan kami juga telah merekrut beberapa dosen khusus lulusan Pasca Sarjana bidang Kemaritiman untuk meningkatkan kompetensi dan juga skill lulusan Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin” pungkasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan