Tes Kebugaran Jasmani Pegawai Setda

Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Provinsi Kalsel melaksanakan layanan tes kebugaran jasmani pada karyawan / karyawati Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalsel tahun 2019 di Halaman Kantor Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Jum’at (4/10/2019). MC Kalsel/tgh

Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Provinsi Kalsel melaksanakan layanan tes kebugaran jasmani untuk karyawan / karyawati Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalsel tahun 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan Jum’at (4/10/2019) di halaman kantor setempat dimulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB itu disambut antusias dengan hadirnya puluhan pegawai maupun tenaga kontrak.

Kepala BKOM Kalsel, Agus Salim Moodoto mengatakan kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, tes kebugaran jasmani, pemeriksaam jatung paru serta pelayanan pemeriksaan kesehatan.

“Tujuan dilaksanakannya tes kebugaran ini untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani sehingga dapat diketahui latihan fisik yang sesuai pada masing – masing individu pegawai, pemeriksaan kebugaran harus dilakukan setahun dua kali dengan dibarengi dengan medikal check up,” ucapnya.

Oleh karena itu untuk mengetahui tingkat kebugaran seseorang itu ada tiga komponen yang mempengaruhi adalah kemampuan jantung paru, kemampuan otot dan metabolik.

“Metabolik standar sehatnya adalah dengan melakukan tes tensi darah seperti obesitasnya, tes kolesterolnya, asam urat, dan gula darah, itu standar sehatnya pemeriksaan kebugaran,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam tes kebugaran ada beberapa hal yang harus di cek, diantaranya tekanan darah, pemeriksaan IMT, pemeriksaan lemak tubuh serta kemampuan untuk berlari atau jalan cepat selama 6 menit bagi usianya 60 tahun ke atas dan untuk usia di bawah 60 tahun harus berlari 1.6 km dilihat waktu tempuh sesuai kemampuan fisik masing-masing.

Untuk itu saya berharap dengan adanya pemeriksaan kesehatan jasmani dan kebugaran dapat meningkatkan semangat hidup sehat dengan terus berolahraga dan menjaga pola makan.

“Teruslah menjaga kesehatan dengan berolahraga. Sehat dan bugar itu penting. Karena orang sehat belum tentu bugar, tapi kalau bugar pasti sehat, kalau sehat bekerja jadi semangat,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *