Hari Asyura

Panitia 10 Muharram mengatur jalannya kegiatan 10 Muharaam yang akan membagikan santunan kepada 400 anak yatim di Veteran Sungai Sipai, Martapura, Selasa (10/9/2019). MC Kalsel/Azmh

10 Muharram 1441 H yang jatuh pada Selasa (10/9/2019) bagi umat muslim ada beberapa amalan bulan Muharram sesuai sunnah nabi Muhammad SAW yang bisa dikerjakan, selain berpuasa, umat Muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah dengan menyantuni anak yatim.

Warga Veteran Sungai Sipai Martapura melaksanakan kegiatan 10 Muharram ini setiap tahun, pada tahun ini ada 400 anak yatim yang disantuni dengan batas usia sampai 11 Tahun dan pelaksanaannya di rumah salah satu ulama di daerah setempat.

“Anak yatim yang datang sudah didaftar pada hari sebelumnya diberikan nomor dan tanda peserta untuk memudahkan saat pemberian santunan dan demi menjaga ketertiban” Ujar salah satu panitia.

Selain menyantuni anak yatim, masyarakat Kalimantan Selatan juga sering melaksanakan kegiatan membagikan bubur asyura yang pembuatannya dilakukan bergotong royong oleh masyarakat yang kemudian dibagikan.

Bubur asyura dipercaya oleh masyarakat menjadi makanan yang penuh berkah karena didalamnya sudah diberikan doa doa, dan dikerjakan bersama-sama yang akan mendatangkan kerukunan bagi warga daerah tersebut. Mc Kalsel/Azmh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *