Festival Kayutangi

Sagar seni Nuansa Banjarmasin menampilkam tarian manangguk pada acara festival kayutangi tahun 2019 di Siring 0 Km Banjarmasin, Rabu (14/8/2019). MC Kalsel/tgh

UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan melaksanakan festival kayutangi tahun 2019 di Siring 0 Km Banjarmasin, Rabu (14/8/2019). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-69. Festival Kayutangi ini merupakan kegiatan pawai budaya, yang diikuti oleh sanggar seni maupun juga komunitas yang ada di Kalsel.

Acara dimulai dengan dilepasnya pawai festival budaya menyusuri ruas jalan Suprapto dan akan finish di Siring 0 Km Banjarmasin.

Peserta yang ikut dalam festival ini dari para seniman tradisional hingga modern, mulai teater, tari, drum band, hadrah, perguruan tinggi, SMA/SMK, modeling serta didukung kelompok komunitas Jepang dan Korea.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti mengatakan festival diikuti 28 grup, dalam satu grup minimal ada 20 orang, jadi total jumlah personil 500 orang ditambah dengan drum band 50 orang.

Lanjut, Ia mengatakan 28 komunitas seni yang dalam festival kayutangi ini menampilkan pentas singkat selama dua menit dihadapan dewan juri.

“Tahun ini festval kayutangi kita perlombakan. Dan nanti setiap pemenang lomba akan di beri penghargaan dan hadiah,” ungkapnya.

Sementara itu, kedepannya festival budaya akan lebih meriah lagi. “Karena pada tahun 2018 kemaren dalam satu grup cuma 10 orang tetapi untuk tahun ini satu grup ada 20 orang jadi pawai budaya tahun ini meningkat dibanding tahun kemaren,” bebernya.

Ia mengharapkan mudah-mudahan pawai budaya ini menjadi sebuah ajang even yang menjadi semangat bagi para seniman untuk menampilkan ekpresinya di masyarakat umum. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih