Tingkatkan Kualitas Administrator, Dinas PUPR Gelar Bimtek SIPJAKI

Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pembinaan jasa konstruksi (Sipjaki) tahun anggaran 2019 di hotel Roditha Banjarbaru, Rabu (26/6/2019). MC Kalsel/tgh

Dinas Pekerjaan Umum dan penataan ruang Provinsi Kalsel melalui Bidang bina konstruksi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pembinaan jasa konstruksi (Sipjaki) tahun anggaran 2019 di hotel Roditha Banjarbaru, Rabu (26/6/2019).

Turut berhadir dalam kegiatan ini Sekretaris Dinas PUPR Provinsi Kalsel Tedy Hidayat, Kepala Bidang Bina jasa Konstruksi Dinas PUPR Provinsi Kalsel Noor Efrani, Narasumber dari kementerian PUPR RI dan para tamu undangan lainnya

Kabid Bina Jasa Konstruksi Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Noor Efrani mengatakan jasa konstruksi bersifat lintas sektor sehingga peran koordinasi antar instansi menjadi sangat penting untuk mendukung keberhasilan pencapaian target program infrastruktur dan pembinaan jasa konstruksi baik di pusat dan di daerah.

“Masyarakat jasa konstruksi dan pembina jasa konstruksi perlu difasilitasi dengan suatu sarana pertukaran data dan informasi serta penyimpanan data secara nasional dan terkini,” katanya.

Oleh karena itu SIPJAKI merupakan sistem informasi yang dikelola bersama oleh pembina jasa konstruksi Nasional, Provinsi, kabupaten dan kota.

Beberapa layanan informasi yang disediakan oleh SIPJAKI antara lain data Izin Usaha Jasa Konstruksi, data Sertifikat Badan Usaha (SBU), Sertifikat Keahlian (SKA), Sertifikat Keterampilan (SKT), perangkat pembina jasa konstruksi nasional dan daerah, informasi tentang kelembagaan pengembangan jasa konstruksi dan asosiasi jasa konstruksi, data pekerjaan konstruksi yang telah dimulai pelaksanaanya dan badan usaha pelaksananya, data proses pelelangan pekerjaan konstruksi, forum business matching, serta data material dan peralatan.

Para peserta Bimtek berfoto bersama dengan jajaran panitia acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pembinaan jasa konstruksi (Sipjaki) tahun anggaran 2019 di hotel Roditha Banjarbaru, Rabu (26/6/2019). MC Kalsel/tgh

“Maka Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyiapkan dan mencetak administrator SIPJAKI tingkat kabupaten kota yang kompeten dan bertanggung jawab mengelola data informasi jasa konstruksi dan mempublikasi dalam SIPJAKI,” tuturnya.

Tujuan kegiatan ini untuk membantu daerah kabupaten kota di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalsel tahun 2019 melaksanakan tugas kewenangannya dibidang jasa konstruksi dan mencapai standar pelayanan minimal.

Dalam perkembangannya dibutuhkan dukungan dan kerjasama yang baik antara pemerintah Provinsi dan kabupaten kota agar terciptanya sinkronisasi dalam menjalankan SIPJAKI tersebut.

Sementara itu Sekretaris Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Tedy Hidayat menyambut baik dengan digelarnya mimtek SIPJAKI ini semoga kegiatan berjalan dengan lancar.

Diharapkan melalui mimtek SIPJAKI ini tugas-tugas pembinaan yang meliputi pengaturan, pemberdayaan, dan pengawasan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan terkoordinasi lebih baik antar instansi pembina dan masyarakat.

”Di sektor konstruksi, informasi menjadi salah satu faktor penting yang dapat mendorong kinerja seluruh stakeholdernya, karena itu kita dukung adanya SIPJAKI ini,” pungkasnya.

Bimtek dilaksanakan selama satu hari dan diikuti 30 orang terdiri dari dinas PUPR Kabupaten/kota dan dinas layanan satu atap kabupaten/kota se-Kalsel. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih