Jamaah Haji Harus Tetap Jaga Kesehatan Usai Pemeriksaan

Wakil Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. H. Moch Ansari Saleh Provinsi Kalsel, Yuddy Riswandhy (Sasirangan kuning) melakukan peninjauan pada acara tes kesehatan dan kebugaran calon jamaah jaji plus di di Rumah Sakit Dr Ansari Saleh Banjarmasin, Kamis (20/06/2019). MC Kalsel/Tgh

Dalam upaya meningkatkan pelayanan penyelenggaraan ibadah haji di Kalsel tahun 2019 RSUD Dr. H. Moch Ansari Saleh bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalsel dan UPT BKOM Kalsel dan mengadakan tes kesehatan jasmani bagi Calon Jamaah Haji (CJH) PLUS.

Tes kesehatan dan kebugaran dilaksanakan di RSUD Dr. H. Moch Ansari Saleh, Banjarmasim selama 7 hari kerja mulai tanggal 19 s.d 27 juni 2019 tetapi untuk hari Jumat dan minggu off dikarenakan hari Jumat ada sholat Jumat takutnya mengganggu calon jamaah haji.

Yuddy Riswandhy selaku Wakil Direktur Pelayanan RSUD Dr. H. Moch Ansari Saleh mengatakan pemeriksa kesehatan calon haji, seluruh calon jamaah haji harus mengikuti pemeriksaan ini untuk mengetahui rekam jejak awal kesehatan para jamaah sebelum menunaikan ibadah haji.

“Untuk itu dilakukan Pemeriksaan umum dilakukan kepada seluruh CJH plus, yakni detak jantung, tekanan darah, berat badan, dan pemeriksaan riwayat penyakit yang pernah diderita serta pemberian vaksin dan sebagainya,” ucapnya, Kamis (20/6/2019).

Setelah Usai pemeriksaan, oleh dokter, para jamaah haji akan diberikan pengantar untuk melakukan check up darah lengkap, EKG, dan foto rontgen serta vaksin.

“Tahun ini pemeriksaan lengkap ditangani oleh pihak RSUD Ansari saleh. Jadi untuk pemeriksaan cek darah lengkap, EKG dan Foto Rontgen dilakukan di RSUD Ansari Saleh,” ungkapnya.

Selanjutnya ia menginformasikan jumlah peserta untuk hari ini yang terdaftar dari travel berjumlah 140, jadi sehari memang kami rata – rata hanya 100 sampai dengan 115, tetapi kita mempertimbangkan dengan group travel tertentu yang jumlahnya lebih dari 115 tapi masih bisa kita perhitungkan dan kita akan handel pada hari ini

Jadi untuk hari ini hanya travel Kaltrabu. jumlahnya ada 140 jamaah haji,” terangnya.

Oleh karena itu juga pihaknya menurutkan petugas pemeriksaan haji ini terdiri petugas RSUD Ansari Saleh sekitar 60 orang, BKOM Kalsel 18 orang perhari termasuk juga petugas dokter umum sampai spesialis, analis laboratorium, perawat dan tenaga pendukung yang lain.

Sementara itu ia mengharapkan kepada calon jamaah haji yang sudah diperiksa kesehatan dan kebugarannya agar bisa menjaga dan menerapkan pola hidup sehat seperti makan yang bergizi, tidur teratur, berolahraga sehingga pada saat keberangkatan ketanah suci benar – benar dalam kondisi fit, sehat dan bugar. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan