POPDA Kalsel Akan Lahirkan Atlet Berprestasi

Suasana Pembukaan POPDA tingkat Provinsi Kalsel 2019 di GOR Hasanuddin Banjarmasin, Senin (1/4/2019). MC Kalsel/Ar

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2019 dilaksanakan selama 5 hari terhitung dari tanggal 1-5 April 2019 yang diselenggarakan di GOR Hasanuddin Banjarmasin, Senin (1/4/2019).

Peserta POPDA dari 13 Kab/Kota se-Kalsel berjumlah 1.300 orang yang terdiri dari 1.061 atlet dengan 239 pelatih dan official.

Sedangkan 10 Cabang Olahraga (Cabor) mengikuti pertandingan tersebut terdiri dari voli pasir, gulat, taekwondo, judo, panahan, atletik, dayung, karate, tinju dan renang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermansyah mengatakan POPDA bertujuan sebagai wahana membina persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di kalangan para pelajar dan sebagai wadah seleksi atlet olahraga para pelajar Kalsel untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) yang akan dilaksanakan pada Oktober 2019 di Papua.

“Dengan dilaksanakannya POPDA tersebut dapat meningkatkan prestasi atlet pelajar Kalsel dan suksesnya pencapaian prestasi” ucap Hermansyah.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengatakan POPDA merupakan kompetisi berjenjang dan berkesinambungan yang dapat kita jadikan sebagai wahana untuk mencari bibit-bibit atlet berprestasi di kalangan para pelajar.

“Pembinaan terhadap olahraga harus ditingkatkan karena untuk memotivasi agar atlet-atlet Kalsel bisa bersaing dan berprestasi hingga tingkat internasional” ucapnya.

Berbagai event olahraga baik tingkat nasional maupun internasional sudah sering kita gelar di Kalsel.

“Ini bukan mencari popularitas tetapi kita ingin menunjukkan bahwa Kalsel bisa menyelenggarakan berbagai event olahraga” tutur Sahbirin.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini meminta kepada seluruh peserta POPDA tingkat Provinsi Kalsel untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. “Karena melalui POPDA ini, selain berkompetisi untuk meraih prestasi dan mengharumkan nama daerah kalian juga berkesempatan untuk menjadi wakil Kalsel di tingkat nasional” pintanya.

Perlu diingat yang penting adalah tanamkan dalam jiwa bahwa dalam setiap pertandingan harus menjunjung tinggi sportivitas.

“Dengan menjunjung sportivitas setiap pertandingan akan berjalan dengan baik dan lancar serta akan melahirkan yang terbaik dan juara sejati” tandasnya. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *