Pemahaman Pemilu pada ASN

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalsel menggelar acara sosialisasi pemilu bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel di Hotel Roditha Banjarmasin, Kamis (28/3/2019). MC Kalsel/scw

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalsel menggelar acara sosialisasi pemilu bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel di Hotel Roditha Banjarmasin, Kamis (28/3/2019).

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel, Adi Santoso mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk konrit upaya pemerintah daerah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik untuk memberikan fasilitasi pendidikan politik dan memberikan peningkatan, pemahaman dan kesadaran tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab khususnya di jajaran ASN dalam upaya peningkatan partisipasi.

Menurutnya, pemilu serentak tahun 2019 dilaksanakan oleh KPU dan pengawasannya dilaksanakan oleh badan pengawas pemilu (BAWASLU) dan perlu kami ingatkan bahwa pemilu juga membutuhkan dukungan stakeholders lain diluar penyelenggara tersebut, yaitu pemerintah daerah, kepolisian, TNI dan instansi terkait lainnya serta peran aktif masyarakat.

“Untuk itulah, sosialisasi seperti ini perlu diselenggarakan, dan diharapkan mampu memberikan pemahaman serta meningkatkan koordinasi antara berbagai unsur yang terlibat sehingga penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 berjalan dengan tertib, lancar, aman,damai tenang dan sejuk,” kata Adi.

Oleh karena itu sebagai upaya untuk menjamin agar pemilu dapat berjalan sukses dan lancar kiranya peran aktif tokoh masyarakat, tokoh agama dan pendidik serta aparat keamanan sangat diharapkan khususnya kepada para ASN lingkup provinsi kalimantan selatan kami berharap agar dapat arif dan bijak dalam bersikap dan berperilaku serta bisa menjadi aparatur sipil negara yang profesional, netral dan simpatik.

“Kepada para peserta, kami harapkan dapat memanfaatkan momentum ini dengan baik, sehingga akan memperoleh pengertian dan pemahaman tentang seluruh proses tahapan kegiatan pemilu serentak tahun 2019 dan dapat menciptakan suasana yang aman dan damai,berkualitas dan bermartabat,” harapnya.

Sementara itu Kasubbid Implementasi Kebuakan Publik dan Pendidikan Politik Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel, Saiful Bahri mengatakan tujuan kegiatan ini dalam rangka melaksanakan peran pemerintah daerah dalam menyongsong pemilu serentak 2019 dan kita harus membantu dalam pelaksanaan pendidikan politik kepada masyarakat termasuk ASN.

“Dengan kegiatan sosialisasi kita harapkan tersampaikannya dengan baik informasi pelaksanaan pemilu serentak sehingga angka partisipasi keikutan peserta khususnya di Kalsel bisa lebih tinggi dari pemilu – pemilu sebelumnya,” katanya.

Selanjutnya ia mengatakan, pentingnya peran dari pada ASN untuk membantu lebih lanjut sosialisasi pemilu kepada masyarala dilingkungan tempat tinggal masing-masing dengan cara mengajak masyarakat dilingkungan masing – masing untuk berbondong – bondong ke TPS yang berada ditempat lingkungan masing- masing.

Kegiatan Sosialsasi Pemilu bagi ASN ini diikuti 70 orang ASN lingkup Provinsi Kalsel. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih