Aplikasi E-Pelaporan dan E-Monev Mampu Permudah Kinerja SKPD

Suasana peserta sosialisasi penerapan aplikasi E-Pelaporan dan E-Monev di Hotel Roditha Banjarbaru, Rabu (5/12/2018). MC Kalsel/scw

Diterapkannya teknologi dalam berbagai pekerjaan dan semakin berkembangnya kegiatan pemerintah melalui elektronik government (E-Gov) diharapkan akan memudahkan perwujudan tata kelola pemerintah yang baik.

“Perwujudan tata kelola pemerintah yang baik ini dimulai dari proses perencanaan sampai pada proses pelaporan dan evaluasi. Saya apresiasi terhadap kegiatan hari ini karena kegiatan hari ini mendukung upaya percepatan pemerintah yang profesional,” ucap Sekretaris Daerah Provinsi kalsel, H Haris Makie saat menyampaikan sambutan pada acara sosialisasi penerapan aplikasi E-Pelaporan dan E-Monev di Hotel Roditha Banjarbaru, Rabu (5/12/2018).

Menurutnya, Sosialisasi E-Pelaporan dan E-Monev ini merupakan bentuk implementasi peraturan pemerintah (PP) nomor 39 tahun 2006 tentang tata cara pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan. “Sistem pelaporan dan monev yang hadal diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan untuk fase selanjutnya,” kata Haris.

Selanjutnya Haris mengatakan pembangunan aplikasi E-Pelaporan dan E-Monev berbasiskan website ini merupakan upaya untuk mengefektifkan dan mengefisienkan pelaporan menuju peningkatan kualitas dengan melakukan penyederhanaan terhadap format, aplikasi dan mekanisme pelaporan, monitoring dan evaluasi kinerja pembangunan.

Sosialisasi pada hari ini diharapkan mampu menjembatani kebutuhan dalam mendukung pemerintah yang akuntabel dan transparan dalam pelaksanaan program dan kegiatan di masing – masing SKPD. “Pemantauan pelaksanaan recana pembangunan dan capaian kinerja akan tergambar jelas melalui apliaksi E-Pelaporan dan E-Monev ini,” harap Haris.

Dikesempatannya Kepala Bidang E-Government Diskominfo Provinsi Kalsel, H. Bahrom Majie mengatakan dengan dilakukannya sistem E-Pelaporan dan E-Monev setiap satuan kerja (Satker) dapat memberikan laporannya dengan lebih cepat sehingga tidak perlu lagi menunggu laporan berupa email maupun paper based.

Pelaksanaan E-Pelaporan dan E-Monev yang diselenggarakan ini saya kira satu langkah positif untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja pada pegawai negeri sipil khususnya. “Kegiatan ini juga sekaligus sosialisasi menanamkan perhatian, menumbuhkan minat dan kesadaran terhadap penguasa, pemanfaatan dan kemajuan iptek khususnya komputer,” katanya.

Oleh karena itu dengan adanya penerapan aplikasi E-Pelaporan dan E-Monev dapat mempermudah para pengguna pada setiap satuan kerja untuk membuat laporan – laporan dala berbagai format yang telah disediakan.

“Mengembangkan dan menerapkan aplikasi E-Pelaporan dan E-Monev perlu kita dukung bersama agar cita –cita dan harapan kita menjadikan Negara kita menjadi bangsa yang mandiri dan siap bersaing dengan dunia internasional dalam bidang iptek ini dapat terwujud,” pungkasnya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan