Ketika Masyarakat Terkesima dengan Sosok Gubernur Gemar Tadarusan Alquran, Bikin Susana Hati Semakin Teduh

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirn Noor dalam perjalanan Safari Ramadan dari Kabupaten Tabalong menuju Kabupaten Hulu Sungai Utara, Selasa (5/6). Sahbirin bersama rombongan singgah di Langgar Darussalam Jangkang Desa Sei Pimping Kabupaten Tabalong, untuk melaksanakan Shalat Isya dan Shalat Tarawih serta Tadarrusan. Mc Kalsel / Fuz

Lantunan ayat suci Alquran terdengar teduh di permukiman warga, lingkungan sekitar Langgar Darussalam, Desa Sungai Pimping Kecamatan Tanjung RT 4, Kabupaten Tabalong, Selasa (5/6) malam.

Terlihat dalam mushala berukuran 8 × 6 meter itu, sosok umara yang juga Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, sedang membaca ayat suci Alquran dengan khusyu.

Jamaah langgar yamg turut mengikuti tadarusan terlihat terkesima setengah tidak percaya, kalau sang qori itu adalah Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Menurut penuturan warga , mereka tidak mengira Paman Birin menyinggahi Langgar Darussalam untuk Salat Isya dan Tarawih berjamaah bersama warga.

Suriansyah, Pengurus Langgar Darussalam Desa Pimping, mengatakan, awalnya jamaah langgar sama sekali tidak mengetahui pria sederhana yang salat di shaf barisan depan sebelah kanan itu adalah Paman Birin.

Ini karena penampilan beliau yang sederhana dan tanpa didampingi ajudan resmi seperti yang biasa terlihat saat pejabat umumnya ikut salat berjamaah dengan masyarakat.

“Mungkin saja beliau membawa ajudan. Tapi karena keinginan beliau pribadi yang ingin diperlakukan sederhana agar masyarakat tidak kaget , sehingga warga pun tidak mengetahui, kalau di barisan mereka ada gubernur ikut salat” terangnya.

Masih menurut Suriansyah, mereka baru.mengetahui Paman Birin ikut Salat Isya dan Tarawih berjamaah menjelang doa akhir tarawih yang dilanjutkan dengan saling bersalaman antarjamaah.

Dikemukakan pria yang juga tokoh masyarakat desa ini, lantunan ayat suci Alquran yang dibacakan gubernur membuat suasana hati semakin teduh karena beliau.membacanya dengan penuh penghayatan.

Beliau juga berkenan memberikan bantuan sejumlah uang pribadi untuk kemakmuran langgar.

Nasyani, Kepala Desa Sungai Pimping juga mengaku kaget kalau desanya dikunjungi gubernur. Istimewa lagi, beliau turut ikut Salat Isya dan Tarawih berjamaah.

Paling membuat masyarakat terkesima, usai tarawih, beliau masih sempat meluangkan waktu ikut Tadarusan Alquran.

“Masyakat sangat senang dan bangga dengan kehadiran beliau. Atas nama warga desa, kami khaturkan terima kasih tulus” ucap Nasyani.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, usai Salat Tarawih meluangkan waktu untuk bersilaturahmi dengan masyarakat desa.

Dikemukakan, kunjungannya ke Desa Pimping dan ikut salat berjamaah tidak teragenda resmi.

“Allah jualah yang mengatur dan mempertemukan kita. Tadi saat melintas di desa ini, kebetulan masuk waktu Isya. Jadi ulun niatkan untuk salat dulu, sebelum ke Amuntai menghadiri undangan sahur bersama dengan masyarakat di sana,” kata Paman Birin seraya mengungkapkan bangga dan syukurnya bisa bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Sungai Pimping.

Ya, aktivitas religius Gubernur Kalsel seperti ini rutin ia lakukan, terlebih di Bulan Ramadan. Warga kadang kaget dengan kehadirannya ada di tengah-tengah mereka, baik di masjid, mushala atau langgar.

Sementara itu turut mendampingi gubernur Salat Isya dan Tarawih di Langgar Darussalam, Desa Sungai Pimping Ketua Komisi III DPRD Kalsel, Supian HK dan sejumlah Kepala SKPD, antara lain Kasatpol PP Daniel Kifli Karo Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel, Kurnadiansyah, Staf Khusus Gubernur , Rizal Akbar. Humprov – Mc Kalsel

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan