Kalimantan Selatan Alami Inflasi 0,16 Persen

Kepala BPS Prov Kalsel, Diah utami membacakan berita rilis resmi bulanan kepada para awak media di kantor BPS Prov Kalsel di Banjarbaru, Senin(4/6) keterkaitan TPK hotel transportasi,inflasi, ekspor-impor, serta nilai tukar petani dan harga produsen gabah di Provinsi Kalsel. Mc Kalsel/Rns

BPS Prov kalsel  pada Senin(4/6) memberikan keterangan resminya kepada media tentang perkembangan indeks harga konsumen/inflasi Prov kalsel bulan Mei tahun 2018 di kantor BPS Kalsel di Banjarbaru.

Bulan Mei 2018, kota Banjarmasin terjadi inflasi sebesar 0,14 persen. Laju inflasi kalender tahun 2018 (Mei 2018 terhadap Desember 2017) sebesar 0,69 persen dan laju inflasi “year on year” adalah 2,67 persen. Komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil inflasi tertinggi di kota Banjarmasin antara lain telur ayam ras, ikan kembung/gembung, daging ayam ras, bawang merah, ikan papuyu.

Di kota Tanjung, pada bulan Mei 2018 mengalami inflasi sebesar 0,35 persen. Laju inflasi kalender tahun 2018 (Mei 2018 terhadap Desember 2017) terjadi inflasi sebesar 2,05 persen dan laju inflasi “year on year” adalah 4,02 persen. Komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil inflasi tertinggi di kota tanjung antara lain : daging ayam ras, sewa rumah, kacang panjang, emas perhiasan, daun singkong.

Dari 82 kota yang menghitung indeks harga konsumen, tercatat 65 kota mengalami inflasi, 17 kota deflasi, inflasi tertinggi di kota tual sebesar 1,88 persen dan terendah di kota Purwokerto dan kota Tanggerang masing-masing sebesar 0,01 persen ddan deflasi tertinggi di kota Pangkal Pinang sebesar 0,99 persen terendah di kota Pematang Siantar sebesar 0,01 persen. Mc Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih