Gubernur Kalsel : Jangan Sesekali Lupakan Sejarah

Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor saat memberikan sambutan pada pelepasan Kirab Pejuangan Sepeda Ontel dalam rangka peringatan HUT ke-69 Tentara Divisi IV Alri Pertahanan Kalimantan, di Siring 0 Km, Banjarmasin, Rabu (9/5). MC Kalsel/Fuz

Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor melepas Kirab Perjuangan Sepeda Ontel dalam rangka peringatan HUT ke-69 Tentara Divisi IV Alri Pertahanan Kalimantan, di Siring 0 Km, Banjarmasin, Rabu (9/5).

Dalam sambutannya Sahbirin mengatakan kirab sepeda ontel ini merupakan momentum untuk lebih menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan cinta NKRI, serta momentum untuk mengkampanyekan proklamasi 17 Mei 1945 sebagai peristiwa sejarah yang harus diketahui seluruh warga Kalsel.

“Jas merah, jangan sesekali melupakan sejarah, karena berdirinya bangsa ini dan kita bisa menikmati kemerdakaam sampai saat ini berkat perjuangan pahlawan kita” geloranya.

Perjuangan untuk negeri dan banua ini masih belum berakhir, lanjutanya, selama bangsa ini masih ada, maka tantangan dan perjuangan masih tetap berlanjut meski dalam ruang, waktu, dan dimensi yang berbeda.

“Saat ini kita berjuang untuk memberantas kebodohan, kemiskinan, dan ketertinggalan dalam berbagai aspek kehidupan. Kita juga sedang berjuang untuk menghijaukan kembali banua ini dengan gerakan revolusi hijau” tegas Sahbirin.

Orang nomor satu di Kalsel ini juga mengajak untuk meneruskan perjuangan masa kekinian tanpa kenal lelah, tanpa pamrih, tanpa mengharapkan pujian dari siapapun, tanpa mengincar kedudukan apapun kecuali hanya untuk memajukan negeri dan memakmurkan rakyat Indonesia, khususnya di kalsel.

“Berkobanlah semampu yang kita bisa, korbankan sebagian materi kita, tenaga, dan pemikiran kita demi kejayaan bangsa Indonesia” ucapnya.

Selain kirab sepeda ontel, HUT ke-69 Tentara Divisi IV Alri Pertahanan Kalimantan yang mengangkat tema “Kita Mantapkan Semangat NKRI Sebagai Pilar Pembangunan Bangsa” ini juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti upacara ziarah di Makam Pahlawan Nasional H. Hasan Basry dan Taman Makam Pahlawan Nasional Bumi Kencana, Haul di Pendopo Bupati Hulu Sungai Selatan, pemutaran film Pangeran Antasari.

Penyajian pentas teater kolosal perjuanga dari pelita jejak masa silam, penyerahan tali asih kepada pejuang veteran dan janda pejuang veteran,  upacara puncak HUT Ke-69 di Mandapai, Kandangan, penanaman pohon, dan lomba pembacaan teks proklamasi Gubernur tentara Divisi IV Alri Pertahanan Kalimantan. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan