Kalsel Siap Tuan Rumah PON 2024

Kadis Pemuda dan Olahraga Kalsel, Drs H Zakly Asswan. MC Kalsel/rmd

Provinsi Kalimantan Selatan hampir dipastikan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional tahun 2024. Pemprov Kalsel terus menjalin komunikasi dengan KONI dari berbagai daerah untuk mendukung Kalsel menjadi tuan rumah PON 2024.

Alhamdulillah kami sudah lulus verifikasi, nanti tanggal 24 April, Paman Birin (Gubernur Kalsel), akan melakukan ekspos kesiapan Kalsel kepada KONI Pusat,” kata Kadis Pemuda dan Olahraga Kalsel Drs H Zakly Asswan, Kamis (19/4).

Zakly mengatakan sudah ada beberapa provinsi yang punya hak suara mendukung Kalsel, baik secara tertulis maupun lisan. Ia mengklaim kepastian dukungan ini berasal dari lima provinsi se-Kalimantan, enam provinsi di Sulawesi, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Banten. Pihaknya masih menunggu kepastian dari Yogyakarta dan provinsi lain.

Kalimantan Selatan bersaing dengan Provinsi Bali-Nusa Tenggara Barat dan Nanggroe Aceh Darussalam-Sumatera Utara, yang turut mengajukan diri sebagai tuan rumah PON 2024. Menurut Zakly, Keputusan Presiden juga faktor penting dalam pemilihan tuan rumah PON.

“Kalau dari tempat, Kalsel yang paling strategis karena berada di tengah-tengah, pastinya biaya transport para atlet yang bertanding juga akan lebih murah,” kata Zakly.

Sebagai komitmen Pemprov Kalsel yang ingin Kalsel jadi tuan rumah PON 2024, Pemprov sudah mengalokasikan dana pembangunan sports center hingga Rp 250 miliar untuk pembebasan lahan seluas 300 hektar di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. Adapun tempat pertandingan lainnya tersebar di tujuh kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan, yakni Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, mengatakan, event olahraga sebesar PON pasti akan mendorong pertumbuhan ekonomi baru di kawasan tuan rumah. Termasuk peningkatan sarana dan prasarana olahraga bertaraf nasional, bahkan internasional.

“Apabila nanti Kalsel ditunjuk tuan rumah, saya harap semua pihak bisa memanfaatkannya, masyarakat jangan hanya jadi penonton, bikinlah kreativitas semisal oleh-oleh khas atau merchandise, manfaatkan kesempatan itu,” kata Sahbirin.

Sahbirin menegaskan Kalsel siap menjadi tuan rumah yang ramah. Ia kita akan menyambut kontingen secara baik dan menunjukkan sportivitas sebagai tuan rumah. MC Kalsel/rmd

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih