KPU Kabupaten Banjar Lantik 870 Anggota PPS

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar, Fajeri Tamzidillah (dua kiri) melantik 870 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Terpilih pada Pemilihan Umum Tahun 2019 se-Kabupaten Banjar, di Aula Hotel Grand Dafam Banjarbaru, Rabu (7/3). MC Kalsel/tgh

Berbagai persiapan menjelang kontestasi politik melalui ajang pemilu telah dilakukan oleh KPU Kabupaten Banjar, pasca melakukan serangkaian seleksi untuk merekrut anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih pada Pemilihan Umum Tahun 2019 se-Kabupaten Banjar, Rabu (7/3).

Sebanyak 870 anggota PPS dilantik Ketua KPU Kabupaten Banjar Fajeri Tamzidillah di Aula Hotel Grand Dafam Banjarbaru, pelantikan tersebut juga mendapat apresiasi dari Bupati Kabupaten Banjar, H. Khalilurrahman yang hadir pada kegiatan tersebut.

“Anggota PPS memiliki peranan yang penting sebagai garda terdepan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum PPS yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota akan bertugas menyelenggarakan pemilu di tingkat desa atau kelurahan,” kata Bupati Kabupaten Banjar H. Khalilurrahman saat menyampaikan sambutan.

Menurutnya, ada 11 tugas, 5 wewenag dan 8 kewajiban yang harus dijalankan oleh PPS sesuai amanat undang – undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, untuk itu saya meminta kepada 870 anggota PPS dalam menyongsong pemilu 2019 di Kab. Banjar agar mempelajari dengan serius prosedur suara dan administasi, pengaturan dan pelaksanaan pemilihan serta evaluasi dan pelaporan hasil pemungutan suara.

“Laksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab, tingkatkan konsolidasi dan koordinasi dengan panitia pemilihan kecamatan dan khususnya kepada KPU Kabupaten Banjar, karena tugas saudara merupakan amanat yang tidak ringan,” ucapnya.

Selanjutnya saya juga meminta kepada camat agar mengintruksikan kepada seluruh Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Banjar agar dapat memberikan dukungan berupa fasilitas penyediaan ruang sekretariat PPS dan penugasan aparatur desa untuk menjadi sekretaris PPS, ini sebagai bentuk dukungan kita sebagai Pemerintah Daerah dalam mensukseskan Pemilu 2019.

Lebih jauh dirinya mengatakan kepada para anggota PPS nantinya akan diberikan pembekalan berupa Bimtek oleh KPU Kabupaten Banjar, untuk itu saya berharap setelah dilaksanakan Bimtek seluruh PPS sudah memiliki gambaran terkait dengan tupoksi yang akan dikerjakan. “Ikuti kegiatan Bimtek ini dengan, cermat dan tuntas,” harapnya.

Khalilurrahman juga mengingatkan agar seluruh anggota KPU, PPK dan PPS Kabupaten Banjar tetap netral dan professional dalam melaksanakan tugas.

“Karena netralitas merupakan modal yang sangat berharga dalam mengawali tegaknya demokrasi sebagai amanat undang–undang 1945 dan Pancasila yang kita junjung tinggi dalam kehidupan dan bernegara,” tandasnya. (scw)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih