Program Kesehatan Dari Kemenkes Sangat Penting di Lingkungan Kota Banjarmasin

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Hj. Anis Suroyo menyampaikan laporan panitia pada Pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Tahun 2017 di Hotel Roditha Banjarmasin, Rabu (20/12). MC Kalsel/tgh

Untuk mengevaluasi hasil di Tahun 2017 dan juga akan membuat perencanaan di Tahun 2018 sebagai salah satu upaya pembangunan kesehatan di Kota Banjarmasin, maka dari itu Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin menyelenggarakan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Tahun 2017 bertempat di Hotel Roditha Banjarmasin, Rabu (20/12), kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari terhitung dari tanggal 20-21 Desember 2017.

Rakerkesda mengusung tema “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku” dan Peserta terdiri dari seluruh pejabat struktural Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) serta seluruh Kepala Puskesmas yang didampingi oleh 1 orang koordinator upaya kesehatan masyarakat.

Dikesempatannya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Hj. Anis Suroyo mengatakan program Indonesia sehat adalah salah satu program yang diagenda ke-5 Nawacita yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, program Indonesia sehat selanjutnya menjadi program utama pembangunan kesehatan yang kemudian direncanakan pencapaiannya melalui rencana strategis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Tahun 2015 – 2019 yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015.

Sasaran dari program Indonesia sehat adalah meningkatkan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

“Program Indonesia sehat dilaksanakan dengan menegakkan 3 pilar utama yaitu penerapan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)” katanya.

Ia juga mengungkapkan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga merupakan program yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan RI  untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan yang sehat serta sadar akan pentingnya kesehatan.

Program ini diharapkan juga mampu menyiasati permasalahan akses ke pelayanan kesehatan yang masih sulit dijangkau dibeberapa tempat. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan