Laporan Pusdalops Karhutla BPBD Kalsel 2017, Edisi 30 Agustus

Ajakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan. Pamflet tersebut juga mengingatkan, jangan pernah berhenti untuk menyelamatkan hutan dari api. Satgas Karhutla 2017 – Mc Kalsel

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan melaporkan terkait penanggulangan kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan Selatan pada edisi Rabu, (30/8).

Keseriusan pemerintah provinsi dalam penanggulangan Karhutla dapat dilihat dari terjalinnya koordinasi melalui Pusdalops BPBD kabupaten kota se-Kalsel, hal ini diungkapkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, Wahyuddin.
 
“Satgas operasi darat sudah bersinergi dengan baik dalam pemadaman Karhutla, sehingga titik api dapat dipadamkan lebih awal,” ucap Wahyuddin.
 
Laporan Pusdalops Karhutla BPBD Kalsel hingga pukul 20:00 Wita, dilaporkan jumlah titik hotspot dari citra satelit NOAA sebanyak dua (2) titik yakni di Kabupaten Tanah Laut. Sedangkan Aqua Terra sebanyak 11 titik yakni, di Kab. Banjar 2 titik (Kec. Paramasan dan Sungai Pinang), Kab. Balangan 1 titik (Kec. Halong) dan Kab. Tanah Laut sebanyak 8 titik (Kec. Jorong, Kurau, Panyipatan, Tambang Ulang). Dan SNPP sebanyak empat (4) titik yakni di Kab. Kotabaru 1 titik (Kec. Pulau Sebuku), Kab. Tanah Laut 2 titik (Kec.Panyipatan) dan Kab. Tabalong 1 titik (Kec.Haruai).
 
Berikut bencana kebakaran yang terjadi di Kabupaten Kota;
Kab. Tanah Laut :
1. Kebakaran lahan dan hutan di desa Pulau Sari kec. Tambang Ulang terpantau pada jam 11.30 wita, desa Maluka Baulin kec. Kurau terpantau melalui LAPAN Fire Hotspot jam 12.08 wita, desa Sabuhur kec. Jorong terpantau melalui LAPAN Fire Hotspot jam 12.08 wita.
 
Kab. Banjar :
1. Di Desa Sungai Alang 2 RT 11 Kecamatan Karang Intan Kab. Banjar (pinggir jalan) sekitar 09.00 wita, data yang terbakar : 1 buah kios dan 1 buah mobil.
2. Terjadi kebakaran hutan (hutan galam) di kecamatan beruntung baru desa tambak padi dekat danau biru. Luas lahan terbakar dan berhasil dipadamkan ± 7 Ha, pada pukul 16.31 wita.
 
Kab. Barito Kuala :
1. Di Desa Patih Selera Kec. Belawang Kab.Batola telah terjadi kebakaran yg menghanguskan 1 rumah habis terbakar, untuk penyebab api masih dalam penyelidikan.
 
Kab. Hulu Sungai Selatan :
1. Hot spot di Desa Balimau Kec. Kalumpang Kab. HSS status hot spot sudah padam dengan luas kurang lebih 0.5 Ha
2. Kebakaran lahan di desa Kalumpang Kec. Kalumpang Kab. HSS
 
Kab. Tanah Bumbu :
1. Terjadi kebakaran lahan (semak belukar) di Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Kelurahan Gunung Tinggi. Luas lahan yang terbakar ± 1 hektar. Titik Koordinat S03°28’59.13″ E115°57’19.76″.
2. Laporan Warga telah terjadi kebakaran lahan (semak belukar) di Desa Saring Sungai Bubu, Kec.Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Kelurahan Gunung Tinggi. Luas lahan yang terbakar ± 1,5 hektar. Titik Koordinat S03°32’16.47″ E115°56’33.15″. Api sudah dapat dikuasai.
 
Kota Banjarmasin :
1. Info kebakaran / 10.70 Jln Pramuka Komplek PDAM Di Kantor. DISPENDA Banjarmasin
Info rekan-rekan anggota E gabungan TKM
 
Kab. Kotabaru :
Dengan hormat, disampaikan rincian singkat kejadian kebakaran hutan dan lahan sebagai berikut:
1 Waktukejadian : Rabu Tanggal 30 agustus 2017 jam 15.30 s/d 16.00 Wita
2 Status Kawasan : APL
3 Lokasi Adm/KPH : Desa Gunung Ulin Kec.Pulau Laut Utara Kab.Kotabaru
4 Koordinat UTMWGS84 : X:0410199, Y:9636370
5 Prakiraan Luas : 2.5 Ha
 
Kota Banjarbaru : NIHIL
Kab. Tapin : NIHIL
Kab. Hulu Sungai Tengah : NIHIL
Kab. Hulu Sungai Utara : NIHIL
Kab. Tabalong : NIHIL
Kab. Balangan :NIHIL
 
Satgas Karhutla 2017 –  Mc Kalsel / Fuz

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan