Desa Sumber Baru Wakili Kalsel di Lomba Desa Tingkat Regional

Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Pusat Lakukan Klarifikasi Lapangan

BATULICIN – Setelah  berhasil meraih Juara 1 pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), maka Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu kembali mewakili Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada lomba yang sama yaitu  Lomba Desa Tingkat Regional III.

Dengan terpilihnya Desa Sumber Baru mengikuti Lomba Desa Tingkat Regional, maka Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan  Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri   berkunjung ke Desa Sumber Baru untuk melakukan Klarifikasi Lapangan Penilaian Lomba Desa Tahun 2017.
Tim tiba di Desa Sumber Baru dengan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Selatan Drs H Abdul Haris M Si dan pejabat Pemprov Kalsel, Senin (31/7) pagi.
Kedatangan Tim Penilai bersama rombongan Pemprov Kalsel disambut oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, Ketua TP PKK Tanah Bumbu Hj. Erwinda Mardani, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tanah Bumbu H. Suwignyo, dan pejabat Pemkab Tanah Bumbu.
Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor saat menerima kedatangan Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan menyambut baik dengan kedatangan tim untuk melaksanakan klarifikasi lapangan penilaian lomda desa tingkat regional.
Ia mengatakan, kehadiran Tim Evaluasi ini tentunya menjadi motivasi bagi Desa Sumber Baru dan Desa-desa lainnya di Tanah Bumbu untuk senantiasa berupaya keras meningkatkan kemajuan dan keberhasilan pembangunan di desa.
” Kami sangat berharap kepada Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Pusat, agar dapat memberikan bimbingan, pembinaan, serta masukan-masukan, apabila masih terdapat kekurangan pada pelaksanaan klarifikasi lapangan penilaian lomba desa regional III ini, ” kata H. Sudian Noor, seraya mengatakan dengan objektifitas pada penilaian ini, dapat menjadi pemicu dan pemacu bagi Tanah Bumbu untuk senantiasa berbuat yang terbaik.
Pada kesempatan itu pula, Wabup berharap apa yang sudah dilakukan ini dapat membawa Kabupaten Tanah Bumbu dan Kalimantan Selatan meraih prestasi yang terbaik pada Lomba Desa Tingkat Regional tahun 2017. Sehingga tidak saja mendukung keberhasilan pembangunan daerah pada umumnya, akan tetapi juga mendukung keberhasilan pembangunan masyarakat desa pada khususnya.
Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, melalui Sekda Kalsel Drs H Abdul Haris M Si, meminta agar desa untuk terus  konsisten dengan apa yang sudah dibangun dan terus mempertahankan bahkan meningkatkan pembangunannya.
Kabag Perencanaan Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Drs. Imran, M.Si mengatakan prestasi yang diraih oleh Desa Sumber Baru ini merupakan hal yang membanggakan karena mampu bersaing dan menjadi yang terbaik dari ratusan Desa  di Kalimantan Selatan.
Ia juga menambahkan, lomba desa merupakan sarana untuk melakukan pembinaan sekaligus pula untuk memotivasi desa untuk berkembang menjadi lebih baik lagi.
Melalui lomba desa ini pula, sebutnya, pemerintah pusat terus mendorong pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan kecamatan untuk ikut dan turut serta membina desa.
Selain itu, sebutnya, yang menjadi sangat penting adalah inovasi-inovasi yang dilakukan oleh desa tersebut dalam meningkatkan pembangunan di desanya.
Untuk Lomba Desa Tingkat Regional III terdiri dari 10 Provinsi yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Gorontalo. (Iwn/MC.Tanbu)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan