Kepala SOPD Dituntut Memiliki Kreatifitas Dan Inovasi Yang Tinggi

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, H. Abdul Haris Makkie (Kiri) menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Rapat Koordinasi Promosi Investasi Se-Kalimantan Selatan Tahun 2017, Banjarbaru, Rabu (19/4). MC Kalsel/Tgh

Setiap Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota dituntut untuk memiliki kreatifitas dan inovasi yang tinggi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Derah Provinsi Kalimantan Selatan, H. Abdul Haris Makkie pada Rapat Koordinasi Promosi Investasi se-Kalsel, Banjarbaru, Rabu (19/4).

Menurutnya Pemerintah Daerah tidak harus terpaku pada satu sektor saja seperti, sektor pertambangan yang pada beberapa waktu lalu mengalami penurunan harga dan permintaan yang berdampak pada perekonomian masyarakat Kalsel.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut yaitu dengan mengembangkan potensi di sektor-sektor lain salah satunya adalah sektor pariwisata” kata Haris.

Jika sektor pariwisata bisa dikemas dengan lebih baik, lanjutnya, ini akan memberikan dampak kepada sektor-sektor lainnya seperti sektor perdagangan, perhotelan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), sehingga bisa membantu pertumbuhan ekonomi daerah.

Saat ini Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Pariwisata Kalsel telah melakukan beberapa langkah untuk mewujudkan hal tersebut, diantaranya adalah bekerja sama dengan salah satu maskapai penerbangan untuk mempromosikan sektor pariwisata Kalsel melalui tabloid atau majalah yang sering disediakan oleh maskapai penerbangan.

“Selain itu Pemprov bersama dengan Dinas Pariwisata mencoba untuk mengelola kegiatan agama dengan menghadirkan orang yang banyak supaya bisa menjadi wisata religius” ungkapnya.

Lebih jauh Haris mengatakan, oleh karena itulah diperlukan kreatifitas dan inovasi dari Kepala SOPD terkait, selain kreatifitas dan inovasi, Pemerintah Provinsi juga perlu membangun jaringan dengan daerah-daerah lain yang telah berhasil mengembangkan sektor unggulannya.

“Membangun jaringan atau hubungan dengan daerah lain sangat diperlukan untuk mempermudah dalam mempromosikan potensi-potensi yang ada di Kalsel, sehingga bisa diketahui tidak hanya oleh masyarakat Kalsel, tetapi juga oleh masyarakat luar Kalsel” pungkasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan