[Foto] Rumah Kreatif Banjarmasin

Walikota Banjarmasin, Ibnu sina (kanan) bersama dengan Muhammad Arifin (kiri) pendiri Rumah Kreatif asal Banjarmasin di acara Banjarmasin Sasirangan Festival, Kamis (17/3). MC Kalsel/Scw

Banjarmasin 17/3. Ada yang menarik di salah satu stand peserta Banjarmasin Sasirangan Festival yakni Rumah Kreatif milik M. Arifin (30). Rumah kreatif yang didirikan 3 tahun lalu oleh pemuda asal Banjarmasin ini merupakan kumpulan orang-orang kreatif asal Banjarmasin yang memiliki latar belakang ekonomi  menengah kebawah, seperti anak yang broken home, yatim piatu, dan anak putus sekolah.

Melalui wirausaha sasirangan, kerajinan, perbengkelan, dan lain sebagainya, ada sekitar 85 orang anak yang sempat putus sekolah dapat bersekolah kembali, yang tidak dapat mengenyam pendidikan bisa duduk di bangku sekolah dan ada 4 orang yang sudah masuk di perguruan tinggi. Omzet yang telah didapat rumah kreatif  saat ini sekitar 20jt perbulan, dan sebagian besar penghasilan tersebut di alokasikan untuk biaya pendidikan.

Rumah Kreatif Banjarmasin telah banyak mendapatkan prestasi, salah satunya Apresiasi SATU Indonesia Awards 2016 untuk kategori kewirausahaan. Sejak 1 tahun yang lalu, rumah kreatif sudah dilindungi oleh badan hukum terkait.

Walikota Banjarmasin sangat mengapresiasi  rumah kreatif yang dimiliki Arifin. Beliau berpesan, anak banua harus menunjukkan bahwa mereka mampu berkarya dan berkualitas di tingkat Nasional serta berkompeten untuk ikut bersaing melalui kreativitas. MC Kalsel/Scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan