LAPOR! Kalsel Peduli Masyarakat Terdampak Banjir

LAPOR! Kalsel menyalurkan bantuan peduli banjir ke Desa Semangat Dalam, Kabupaten Barito Kuala. MC Kalsel/Fuz

Didorong rasa kemanusiaan untuk membantu masyarakat terdampak banjir, LAPOR! Kalimantan Selatan berinisiatif menggalang donasi melalui gerakan LAPOR! Peduli yang telah disalurkan pada Sabtu (23/1) lalu.

“Jadi, sekitar tanggal 16 Januari lalu kami (LAPOR Peduli) membuka donasi selama tujuh hari. Sehingga, semua dana yang kami salurkan itu berasal dari masyarakat untuk masyarakat. Selain itu, juga berasal dari urunan tim LAPOR! Peduli,” kata Kepala Seksi Opini Publik Diskominfo Kalsel, Chairun Ni’mah, Banjarbaru, Senin (1/2/2021).

Dalam kurun waktu itu, LAPOR! Peduli berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp7.250.000,00. Dana tersebut kemudian dikemas menjadi 12 dus mie instan, 190 kilogram beras, 10 kilogram gula pasir, teh, susu, peralatan mandi, obat-obatan, dan selimut.

“Bantuan tersebut sebagian besar kami salurkan di Desa Semangat Dalam Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala,” ucap Chairun.

Pemilihan Desa Semangat Dalam, kata Chairun, didasarkan informasi bahwa ketinggian air di desa tersebut mencapai dada orang dewasa. Bersyukur, setibanya di lokasi kondisi air mulai surut hingga selutut orang dewasa atau berkisar 50 centimeter.

“Penyalurannya sendiri kami lakukan di ruas-ruas jalan Desa Semangat Dalam yang sulit diakses dengan mobil. Dengan dibantu jukung (perahu kecil) untuk membawa bantuan dan waktu tempuh empat jam perjalanan kaki dari ruas utama desa tersebut,” tutur Chairun.

Chairun berharap bantuan yang disalurkan mampu meringankan sedikit beban masyarakat terdampak banjir yang menimpa 11 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

“Meskipun tidak banyak, semoga bisa membantu masyarakat untuk memenuhi keperluan-keperluan yang memang mereka perlukan,” harap Chairun.

Sebagai tambahan, kegiatan LAPOR! Peduli bukanlah pertama kali dilakukan. Sebelumnya, pada bulan Ramadhan tahun lalu, tim LAPOR! Kalsel melakukan aksi sosial dengan berbagi masker dan makanan siap santap di sejumlah ruas jalan Banjarmasin dan Banjarbaru, yang juga diikuti serentak oleh 11 kabupaten lainnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai