Pemprov Kalsel Apresiasi LK3 dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kalsel, Fathurrahman (tiga kanan) bersama tokoh agama di Kalsel memukul gendang menandai dimulainya Religi Expo ke-6 di gedung Balairung Sari Taman Budaya, Banjarmasin, Jumat (4/12/2020). MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) mengapresiasi Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang telah berkolaborasi dalam penyelenggaraan Religi Expo tahun 2020.

“Kegiatan ini memberikan kesan dan pesan, agar keharmonisan kehidupan beragama di Kalsel terus terpelihara dengan baik,” kata Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sekretariat Daerah Kalimantan Selatan, Fathurrahman, mewakili Plt. Gubernur Kalsel, Banjarmasin, Jumat (4/12/2020).

Selain sebagai bentuk representasi dari keharmonisan kehidupan umat beragama di Kalsel, kegiatan tersebut juga merupakan wadah untuk memantapkan kebersamaan membangun kehidupan berkualitas tanpa memandang ras maupun agama.

“Religi Expo ini juga dapat memantapkan kebersamaan untuk membangun kehidupan yang berkualitas, tanpa membedakan agama, ras, suku dan lainnya,” ujar Fathurrahman.

Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang tinggal hitungan jari, Fathurrahman memanfaatkan momen tersebut untuk mengajak masyarakat menjaga rasa persatuan, persaudaraan, dan kebersamaan, guna menciptakan suasana kondusif dan terhindar dari perpecahan.

“Kita jaga sebaik mungkin, agar agama jangan sampai dijadikan narasi politik yang bisa memecah kerukunan umat beragama,” ucap Fathurrahman.

Sementara itu, Direktur LK3 Banjarmasin, Rafiqah mengatakan Religi Expo merupakan komitmen untuk mengkampanyekan pesan damai dan wacana kerukunan di ruang publik.

“LK3 Kalsel melibatkan lintas agama baik budaya ataupun pemudanya sebagai bentuk solidaritas mengahadapi permasalahan kemanusiaan di masa pandemi,” kata Rafiqah.

Gelaran Religi Expo ke-enam kalinya itu dilakukan secara virtual dengan diikuti 22 peserta dari lembaga agama, pendidikan agama, suku, dan komunitas mulai tanggal 4 Desember hingga 5 Desember 2020.

“Religi Expo diisi dengan pentas seni, diskusi keberagaman dan pemutaran film Kasumbi yang diproduksi oleh LK3 Banjarmasin. Masyarakat bisa menyaksikan secara live streaming melalui YouTube dan Facebook LK3 Banjarmasin,” kata Rafiqah. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai